DAERAH  

Jadi Narsum Sosialisasi Pilkades Serentak 2021, Kapolres Kampar Minta Pelaksana Ikuti Aturan Main

Kampar, reportaseindonesia.id | Selasa pagi (14/09/2021) mulai pukul 09.00 Wib, bertempat di Aula Kantor Camat Bangkinang Kab. Kampar dilaksanakan Sosialisasi Perbup Kampar nomor 32 tahun 2021, tentang penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa Serentak Bergelombang di Kabupaten Kampar tahun 2021.

Kegiatan ini dihadiri Kapolres Kampar AKBP Rido Purba SIK, MH selaku Nara Sumber, Kadis PMD Dukcapil Prov. Riau Yurnalis S.Sos, MSi, Kadis PMD Kab. Kampar Afrizal Rahman S.Sos, Kasat Pol PP Kab. Kampar Nurbit SP, M.Si dan juga Ketua APDESI Kampar Jonedi S.Ag.

Peserta Sosialisasi terdiri dari Unsur Pimpinan Kecamatan (Camat, Kapolsek, Danramil) dari 7 Kecamatan yaitu Kec. Bangkinang, Kuok, Salo, Bangkinang Kota, Kampar Utara, XIII Koto Kampar dan Koto Kampar Hulu. Juga diikuti Ketua BPD dari Desa-desa di 7 Kecamatan yang melaksanakan Pilkades serentak yang berjumlah 28 desa.

Acara diawali kata sambutan dari Kadis PMD Kab. Kampar Afrizal Rahman S.Sos, disampaikan Afrizal bahwa kegiatan sosialisasi ini dibagi dalam 5 rayon, dimana hari ini merupakan pelaksanaan kedua yang diikuti 7 Kecamatan.

Desa yang melaksanakan Pilkades serentak untuk gelombang II di Kabupaten Kampar pada tahun 2021 ini sebanyak 102 Desa yang tersebar di 21 Kecamatan.

Kegiatan sosialisasi ini sebagai bagian dari kesiapan dalam pelaksanaan Pilkades Serentak Bergelombang tahun 2021, agar dalam pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan aman dan lancar sesuai aturan yang ada.

Pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini berbeda dengan sebelumnya karena berlangsung dalam masa Pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaannya harus menerapkan protokol kesehatan, ujarnya.

Berikutnya pemberian materi oleh Kapolres Kampar AKBP Rido Purba SIK, MH, mengawali penyampaiannya beliau meminta pelaksana atau penyelenggara untuk mengikuti aturan main dalam Pilkades ini, karena sudah landasan hukum serta aturannya.

BACA JUGA :   Stand Vaksinasi TNI AL Ramai Diserbu Warga Tual

Bila ada hal-hal yang diragukan agar ditanyakan atau dikoordinasikan dan jangan membuat keputusan sendiri. Persiapkan segala sesuatunya agar pelaksanaan Pilkades dapat berjalan dengan lancar sesuai aturan, ujar Kapolres.

Untuk para calon Kades yang akan berkompetisi dalam Pilkades serentak ini, Kapolres meminta agar tidak menghalalkan secara cara guna meraih kemenganan. Awali dengan niat baik untuk memajukan daerah dan jangan berpikir untuk mencari kekayaan, ungkapnya.

Selain itu Kapolres Kampar ini juga mengingatkan, agar dalam pelaksanaan Pilkades ini nantinya tetap mempedomani protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Terakhir disampaikan bahwa petugas keamanan dari Polri bersama TNI dan Satpol PP akan mendukung penuh pengamanan Pilkades Serentak ini, agar semuanya dapat berjalan dengan aman dan lancar, ujar Kapolres.

Pada kesempatan ini Kapolres Kampar juga membuka sesi tanya jawab dengan peserta sosialisasi, beberapa pertanyaan yang disampaikan peserta ditanggapi langsung oleh Kapolres Kampar.

Usai memberikan materinya, sekira pukul 10.40 wib Kapolres Kampar pamit untuk lebih dulu meninggalkan tempat acara. Kegiatan dilanjutkan pemateri berikutnya yang telah ditetapkan oleh panitia.

Sumber : Humas Polres Kampar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 2 =