Jakarta,reportaseindonesia.id | Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono menghadiri kegiatan penutupan Pendidikan (Tupdik) Dasar Kedisiplinan dan Kepimpinan (PDK) Siswa Kelas X Angkatan-32 SMA Taruna Nusantara bertempat di Kampus SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah (25/9).

Kegiatan upacara penutupkan PDK ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Kegiatan PDK yang dilaksanakan secara tatap muka ini diikuti 336 siswa, berlangsung lima minggu sejak 20 Agustus 2021.

Advertisement

Rangkaian kegiatannya meliputi berbagai pembentukan karakter dan disiplin pribadi melalui kegiatan keseharian dan latihan lapangan berganda seperti tradisi naik Puncak Tidar, ziarah ke taman makam pahlawan, napak tilas rute juang pahlawan, latihan perorangan pilih ksatria tangkas, latihan kepramukaan dan ditutup dengan upacara pembaretan.

Kasal dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa pendidikan yang diberikan lembaga pendidikan SMA Taruna Nusantara yang sedari dini sudah melatih kedisiplinan, kekompakan dan kerja sama guna membentuk karakter seorang pemimpin di masa depan dengan harapan ke depan akan menjadi manusia yang tangguh, tanggap, tanggon dan trengginas, menjadi generasi penerus yang dibutuhkan oleh Negara Indonesia di masa depan.

“Saya harapkan anak-anak saya semuanya, kalian harus lanjutkan kegiatan di sini, taati para pamong dan laksanakan kegiatan di sini dengan baik. Karena dengan dasar-dasar disiplin yang diberikan, akan membentuk dasar-dasar karakter ke depan untuk menyongsong masa depan yang lebik baik sebagai calon-calon pemimpin bangsa yang hebat nantinya,” tegas Kasal.

Pada kesempatan ini, Kasal mengajak para orang tua siswa untuk mempercayakan putra-putri nya kepada lembaga SMA Taruna Nusantara ini yang sudah ditunjukkan pada saat upacara penutupan semuanya mampu berdisiplin dan ditunjukan juga kemampuan-kemapuan siswa yang baru sebulan.

BACA JUGA :   Kasal Pimpin Langsung Rapim TNI AL

“Sudah kita buktikan bersama baru sebulan mereka sudah menunjukkan kedisiplinan, ini tidak mudah dan itulah yang bisa membentuk karakter-karakter kalian, dimulai dasar, kedisiplinan, kebersamaan dan kekompakan, memang sekarang tidak kelihatan, hanya kegiatan PBB, dari disitulah dasar – dasar kekompakan sekalian terjalin sejak awal,” ujar Kasal.

Kasal juga mengucapkan terima kasih kepada Lembaga SMA Taruna Nusantara khususnya Kepala sekolah SMA Taruna Nusantara, Mayor Jenderal (Purn) Tono Suratman dan para pamong yang telah memberikan bekal kedisiplinan dan kepemimpinan dan akan mendidik para siswa selama 3 tahun. (Agus)

Sumber: Dinas Penerangan Angkatan Laut.