DAERAH  

Kasal: Terus Kembangkan Diri dan Jalin Sinergitas TNI Polri

16 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Surabaya,reportaseindonesia.id | “Sebagai Perwira TNI AL kalian harus terus berupaya untuk mengembangkan diri dan menjalin sinergitas antara TNI-Polri,” demikian diantaranya penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., pada acara pembekalan kepada para siswa Calon Wisudawan Diktukpa (Pendidikan Pembentukan Perwira) Angkatan ke-51 dan Diktukpakat (Pendidikan Pembentukan Perwira Singkat) tahun 2021 di Gedung Graha Samudera Bumimoro (GSB) Kodiklatal, Surabaya. Kamis (28/10).

Peserta pengarahan merupakan para siswa Diktukpa Angkatan ke-51 terdiri dari 433 orang pria dan 36 orang anggota Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) dan Diktukpakat terdiri dari 261 orang pria dan 29 anggota Kowal yang program pendidikannya telah ditutup pada hari Rabu kemarin.

Kepada para peserta Kasal juga menyampaikan bahwa menjadi perwira merupakan prestasi yang membanggakan sekaligus harus disyukuri sebagai Rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Perubahan strata pangkat akan membawa perubahan status sosial namun harus tetap bergaya hidup prajurit yang sederhana. Menjadi pemimpin dengan tugas, wewenang dan tanggung jawab yang lebih besar serta siap menghadapi segala resiko. Di samping itu juga harus berani mengambil inisiatif, inovatif dan tampil secara positif serta mampu menjadi teladan dan contoh baik bagi anak buah dan bagi lingkungan.

Lebih jauh Kasal menjelaskan kunci menjadi Perwira yang baik adalah memiliki kompetensi yang unggul dan jangan berhenti di zona nyaman. Menjadi teladan dan motivator bagi anak buah, inovatif dengan tidak terjebak dalam rutinitas, adaptif dalam arti mudah beradaptasi terhadap perubahan. Berani dan bertanggung jawab tidak ragu-ragu, serta mau turun langsung ke bawah menyelesaikan permasalahan anak buah.

Bersamaan dengan itu di Gedung Moeljadi, Ketum Jalasenastri Ibu Vero Yudo Margono memberikan pembekalan secara tatap muka kepada istri-istri para wisudawan yang dapat hadir dan sebagian yang tidak dapat hadir mengikuti pembekalan secara daring.

BACA JUGA :   Tingkatkan Motivasi Warga Binaan, Rutan Depok Gelar Kegiatan Ibadah Jumat Agung

Sebelumnya pada pagi hari di GSB, para siswa tersebut juga mendapatkan pengarahan dari Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto yang diantaranya membahas tentang Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla), tugas dan tanggung jawab satuan TNI AL pada pembinaan potensi maritim, serta ancaman dan permasalahan desa pesisir.

Direncanakan esok hari Jumat (29/10) para wisudawan akan mengikuti Upacara Prasetya Perwira (Praspa) di lapangan Laut Maluku Kodiklatal yang menandai secara resmi mereka telah sah menyandang pangkat Letnan Dua.

Acara pembekalan Kasal tersebut dihadiri para Pejabat Utama Mabesal, para Pimpinan Kotama dan Satuan Kerja Jajaran TNI AL di Surabaya, Dankodiklatal dan pejabat Utama Kodiklatal. (Agus)

Sumber: Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine − one =