DAERAH  

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Riau Resmi Terbentuk

74 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Pekanbaru, reportaseindonesia.id |Ketua Umum DPP pemuda tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Rina Saadah melantik Dewan Pengurus Daerah pemuda tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Provinsi Riau Masa Khidmat 2022-2027 di Ballroom Hotel Aryaduta, kota Pekanbaru, Jumat (28/1/2022).

Rina Saadah Adisurya, Lc.,M.Si dalam arahannya menyampaikan kepada pemuda tani HKTI Provinsi Riau bahwa yang menjadi tantangan sekarang adalah Regenerasi petani, mayoritas petani saat ini berusia diatas 40 tahun dan pemuda tani HKTI bisa menjadi aset masa depan untuk mendorong petani di Riau lebih meningkat.

“Pemuda Tani HKTI Riau harus didampingi Inovasi, Sinergi dengan berbagai kampus, Stakeholder lain untuk mencetak Agropreneur serta mendatangkan akses dalam menghadapi perdagangan global dan di Era pandemi ini, satu-satunya sektor yang mengalami pertumbuhan dari ketidak jelasan masa sulit ini adalah sektor pertanian, jelasnya.

Pelantikan dihadiri Asisten III Setdaprov. Riau, H. Joni Irwan mewakili Gubernur Riau , Drs. H. Syamsuar, M.Si.

Dalam sambutannya mewakili Gubernur Riau, H. Joni Irwan menyampaikan optimisnya bagi pemuda tani HKTI Riau dalam mensejahterakan masyarakat petani di provinsi Riau dan sektor pertanian harus dirancang untuk memiliki daya tarik bagi pemuda.

“Kami yakin dan percaya para pengurus DPD pemuda tani riau berasal dari berbagai daerah mewakili petani mempunyai berkomitmen untuk mensejahterakan petani dan juga memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya, khususnya dibidang pertanian karena sektor pertanian adalah sektor paling tangguh dalam menghadapi badai yang menimpa saat ini, ucapnya.

Joni Irwan juga menyampaikan dengan sektor pertanian diharapkan mampu melaksanakan Industri Hilir dan membuka lapangan kerja terutama dari sektor perkebunan Kelapa Sawit.

“Riau merupakan penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia dengan luas 3,3 juta Ha, ungkapnya.

BACA JUGA :   Wakasal Dampingi Wapres RI Hadiri Closing Ceremony PON XX Papua

Sementara itu, Ketua DPD pemuda tani HKTI Riau terpilih menyampaikan berbagai program yang akan dijalankan pasca pelantikan.

“Kami berfokus kepada sektor dan kesejahteraan pertanian di Riau dan kita berharap perbankan seperti Bank Riau Kepri, BRI, BNI serta Mandiri dapat menyalurkan Kredit Usaha Rakyat ( KUR) kepada petani, harapnya.

Selain itu Jaka juga mengklaim telah melakukan perjanjian kerja sama dengan beberapa pihak seperti Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) dan telah menjalin komunikasi dengan perusahaan Jepang yang tertarik berinvestasi di Riau.

Pelantikan DPD pemuda tani HKTI riau juga dihadiri beberapa tokoh Riau, Hipmi, Pemuda Pancasila dan sejumlah Mahasiswa dari Perguruan Tinggi yang ada di Riau.

Penulis : Arisman

Editor : Hargono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + 20 =