DAERAH  

Antisipasi Wabah PMK, Babinsa Koramil 16/Tapung Pantau Hewan Ternak Sapi Diwilayah Binaan

Kampar, reportaseindonesia.id |Bukan hanya petugas khusus dari dinas pertanian, Babinsa juga turut diterjunkan guna antisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

Seperti yang di lakukan Serda Rohiyat Nuryanto Babinsa Koramil 16/Tapung Kodim 0313/Kampar melaksanakan komsos dan memantau salah satu ternak sapi milik bapak Salim bertempat di Desa Petapahan Jaya Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Rabu (06/07/2022).

Dalam Komsosnya Babinsa mengungkapkan bahwa saat ini telah terjadi beberapa kasus tentang maraknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak jenis sapi, sehingga menjadi kekhawatiran baru ditengah masyarakat.
“Penyakit PMK ini rentan menulari hewan ternak seperti, kerbau, sapi dan kambing,” jelas Babinsa.

Kegiatan kontrol dan pemantauan tersebut bertujuan untuk pendataan hewan ternak di wilayah binaan dalam keadaan baik baik saja dan tidak terjangkit penyakit PMK.

Ia juga menyampaikan kepada warga untuk tidak takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, luka pada kuku atau kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut.

“Kepada warga untuk tidak takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh kepada instansi terkait” pungkasnya.

Sumber : Pendim 0313/ KPR

BACA JUGA :   Babinsa Bantu Warga Goro Pengecatan Masjid Dalam Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

eighteen − thirteen =