Kampar,reportaseindonesia id. | Sebanyak 14 orang didesa padang luas mengikuti khitanan massal dan penyantunan anak yatim piatu dimana anak yatim sebanyak 20 orang sedangkan yatim piatu 16 orang yang diselenggarakan di gedung sekolah agama (MDA) yang bertempat di dusun satu (1) Desa Padang Luas Kecamatan Tambang ,Kabupaten Kampar,Provinsi Riau, selasa ( 2/7/2019).

Kepala Desa Padang Luas Sholihin dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai wujud kepedulian masyarakat dan pemerintahan desa kepada masyarakat terutama yang kurang mampu dan selain itu dilaksanakan kegiatan sosial lainnya di antaranya, santunan kepada anak yatim serta piatu .

Advertisement

“Tujuannya untuk memberikan kontribusi yang manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat,” ungkap Kades Padang Luas Sholihin sambil menutup penyampaiannya.

Pantauan reportaseindonesia.id ditempat acara, usai memberi sambutan kepala desa melakukan peninjauan langsung ke tempat pelaksanaan khitanan serta menyapa dan memberi support kepada anak anak yang di sunat yang didampingi orangtuanya masing – masing.

Salah seorang panitia kegiatan yang namanya enggan untuk disebutkan mengatakan, Untuk melaksanakan kegiatan ini pihaknya melibatkan tim medis yang tangkas dan trampil di bidang nya serta
para anak- anak yang di khitan (sunat) tersebut berasal dari dusun satu(1)dan dua(2) Desa Padang Luas Kecamatan Tambang.

Sebelum dikhitan lanjutnya, Para anak- anak yang akan disunat diarak- arak keliling lingkungan sekitar menuju sugai Kampar untuk dimandikan dengan didampingi orangtua masing-masing, sebutnya.

Sementara itu Kepala Desa Padang Luas Kecamatan tambang, Sholihin saat dikonfirmasi awak media dilokasi kegiatan menuturkan bahwa pihaknya sangat menyambut baik kegiatan khitanan massal tersebut.

“Kami dari pihak pemerintah desa mengucapkan terima kasih sebanyak- banyaknya kepada seluruh masyarakat pemuda serta pemudi yang telah ikut terlibat dalam acara khitan massal ini dimana penyantunan anak yatim beserta danatur yang ikut menyumbangkan sebahagian reskinya kepada anak yatim dan piatu.”ujar Kades

Lebih lanjut dikatakan Sholihin, Acara seperti ini untuk pertama kalinya kami laksanakan dan semoga kegiatan sosial ini bisa berkelanjutan di tahun berikutnya serta lebih banyak lagi jumlahnya dari jumlah saat ini yang kita selenggarakan,harapnya

BACA JUGA :   Antisipasi Covid-19, Pokdarwis Jatijajar Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Ditempat yang sama salah seorang orang tua anak yang dikhitan pada kegiatan tersebut menuturkan, Saya secara pribadi sangat bertrima kasih sekali kepada Pemeritah Desa ( Pemdes ) Padang Luas serta semua elemen masyarakat yang ikut terlibat dalam acara sosial ini.

“Saya sangat merasa terbantu sekali karena anak saya sudah pas waktu lnya untuk disunat dan selama ini saya berpikir dengan pendapatan yang pas -pasan bagaimana anak saya mau disunat sebab kini merasa lega karena akhirnya anak saya dapat disunat.”ujar salah satu warga

Acara khitanan massal dan satunan anak yatim berjalan lancar sesuai harapan panitia pelaksana dan warga yang ikut dalam kegiatan tersebut, kegiatan tersebut juga di hadiri perangkat desa, tokoh ulama serta para tokoh muda mudi desa Padang Luas.

Penulis:Nazri

Editor: Hargono