Pemdes Pongkai Komitmen Ciptakan Lingkungan Bersih Dan Sehat Di Desanya

  • Bagikan

Kampar,reportaseindonesia.id | Pasca lebaran Pemerintah desa( pemdes ) Pongkai terus menggalakkan budaya gotong – royong ( Goro ) bulanan secara rutin , dimana desa pongkai masuk dalam salah satu desa kampung keluarga berencana ( KB ) diwilayah kecamatan koto kampar hulu,kabupaten kampar,provinsi riau sehingga pemdes pongkai berkomitmen untuk menciptakan lingkungan sehat dan bersih didesanya, Jum’at (5/07/2019).

“Gotong- royong atau goro yang sedang kami adakan ini merupakan kegiatan rutin yang mana kami laksanakan satu bulan sekali dengan melibatkan seluruh perangkat desa hingga sampai ketingkat kepala dusun( kadus ), ketua RT / RW, Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ),LPM serta goro kali ini dibantu oleh adik -adik mahasiswa Kuliah kerja nyata ( kukerta )Universitas riau ( UNRI ) tahun 2019 , Ujar Sekretaris desa ( Sekdes ) Pongkai, Mairizon.s.pd menuturkan kepada reportaseindonesia.id dilokasi goro berlangsung.

Lebih lanjut Mairizon menjelaskan, program gotong- royong ini sudah kami laksanakan dari beberapa bulan belakangan ini namun baru kita dimulai sejak pasca bulan ramadhan
ataupun habis hari raya Aidul Fitri kemarin.

” Karena kebersihan adalah salah satu program Bupati kampar yang patut untuk diwujudkan oleh pemerintah desa, terangnya.

Dikatakan Mairizon, Maksud serta tujuan gotong – royong ini kita adakan setiap bulannya agar lingkungan didesa pongkai bersih serta asri sebab manfaat dari goro ini juga adalah untuk menciptakan lingkungan bersih serta sehat terutama didesa pongkai yang telah mendapat julukan sebagai kampung KB.

” Inikan sudah menjadi salah satu program almarhum bapak bupati kampar Azis zainal dan kemudian diteruskan oleh bapak Bupati kampar sekarang yakni Catur sugeng susanto,SH oleh karena itu kami selaku pemerintah desa wajib untuk mewujudkan salah satu program Bupati kampar yakni lingkungan bersih dan sehat. “sebut Mairizon.

BACA JUGA :   Personil Koramil 11/Tambusai Bersama Polsek Tambusai Kawal Pendistribusian Logistik Pilkades Batang Kumu

Sekdes Pongkai tersebut juga berharap kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan dilingkungannya masing – masing.

“Kami atas nama Pemdes Pongkai menghimbau kepada seluruh masyarakat desa pongkai agar selalu menjaga kebersihan lingkungan terutama di perkarangan rumahnya masing- masing karena kebersihan itu adalah pangkal dari kesehatan serta juga kebersihan itu sebagian dari iman.”pungkasnya

Terpisah, Camat Koto Kampar Hulu,T. Said Hidayat,SSTP mengapresiasi kegiatan gotong- royong bulanan yang diadakan secara rutin oleh Pemerintahan Desa Pongkai.

” Saya sangat mengapresiasi kegiatan goro yang dilaksanakan oleh pemdes pongkai secara rutin disetiap bulannya dan saya berharap kegiatan positif Ini patut dicontoh oleh desa-desa lainnya yang ada diKecamatan koto kampar hulu ini, Harapnya.

Penulis : Hargono

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × two =