Pradi Supriatna Bagikan 2.000 Besek Bambu Untuk Tempat Daging Qurban

  • Bagikan

Depok,reportaseindonesia.id | Guna mengurangi sampah plastik Wakil Wali Kota Depok memberikan bantuan serta himbauan kepada warga supaya saat pembagian daging qurban menggunakan besek bambu, Pradi Supriatna memberikan 2.000 besek bambu ke sejumlah tempat penyembelihan hewan kurban di sekitar kediamannya. Kegiatan kampanye menggunakan wadah ramah lingkungan tersebut, merujuk Surat Edaran Wali Kota Depok Nomor 658.1/368-DLHK tentang pengurangan sampah pada saat pelaksanaan Iduladha.

“Sekarang ini kami imbau untuk tidak lagi membungkus daging kurban dengan plastik. Maka di beberapa tempat sudah menggunakan daun singkong atau besek bambu seperti yang saya beri hari ini,” katanya di halaman belakang Masjid Al Barokah, Jalan KH. M Usman, RT 04/RW 04, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Minggu (11/08/2019).

Dikatakannya, dari ribuan besek bambu tersebut, jumlah yang Pradi Supriatna bagi untuk satu tempat penyembelihan antara 260 hingga 300 besek bambu. Dengan besek tersebut, dirinya mengharapkan daging bisa lebih aman dan tahan lama.

“Daging adalah obyek yang cepat terurai, sehingga cepat menimbulkan bakteri. Dengan memakai bungkus besek bambu maka bisa memperlambat proses penguraian,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, penggunaan besek bambu juga sebagai upaya menjaga lingkungan. Karena apabila menggunaan kantong kresek hitam hasil daur ulang, sulit terurai oleh alam.

“Belum lagi, plastik juga mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan. Jadi lebih sehat pakai besek bambu. Sebab kita bisa memakai kembali dan mudah terurai secara alamiah,” tutupnya.

Sumber: Humas Pemkot Depok

Editor: Agus

BACA JUGA :   Desa Sungai Jalau Terima Bantuan Bibit Tanaman Produksi Sebanyak 5 Ribu Dari DLHK Prov. Riau
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − nine =