Kampar,reportaseindonesia.id |Pemerintah desa Gunung Bungsu bersama seluruh elemen masyarakat melaksanakan Upacara Proklamasi HUT Kemerdekaan republik indonesia ( RI ) Ke- 74 tahun 2019,Bertempat dilapangan sepak bola desa Gunung Bungsu,Kecamatan XIII Koto Kampar,Kabupaten Kampar,Provinsi Riau,Sabtu (17/8/2019).

Acara Upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang Ke- 74 tahun 2019 tersebut diikuti oleh, Kepala desa Gunung Bungsu,NS.Dedi Putera,S.kep beserta seluruh aparaturnya, Pkk Gunung Bungsu,Pegawai Puskesmas II XIII Koto Kampar,Siswa dan Siswi mulai dari tingkat sekolah TK( taman kanak- kanak ) hingga tingkat SMA bersama kepala sekolah serta majelis guru,tokoh pemuda dan tokoh masyarakat setempat.

Advertisement

Kepala desa ( Kades ) Gunung Bungsu,NS.Dedi Putera,S.kep selaku Inspektur Upacara dalam penyampaian sambutannya mengatakan, Pertama sekali izin kami menyampaikan sambutan Gubernur Riau ( Gubri) pada hari ulang tahun Ke- 74 Kemerdekaan republik indonesia ( RI ) tahun 2019 pada hari sabtu tanggal 17 Agustus 2019 dengan mengucapkan Assalamu,alaikum WR.WB dan selamat pagi ,Salam Sejahtera untuk kita semua,Ujar kades Gunung Bungsu,NS.Dedi Putera,S.kep diawal penyampaiannya.

Lebih lanjut NS.Dedi Putera,S.kep menyampaikan sambutan Gubernur Riau,Saudara- saudara peserta upacara yang kami hormati dimana pada pagi hari ini bersama- sama kita memperingati HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan menghayati dan merenungi hasil- hasil perjuangan para Pahlawan kita dalam mengusir penjajah ditanah pertiwi ini.Detik-detik Proklamasi yang telah dibacakan oleh dua pimpinan,Soekarno dan Hatta pada masa itu telah menandakan berdirinya Negara Indonesia yang Berdaulat.

Dalam pembukaan undang- undang dasar ( UUD ) 1945 yang berisi ” Bahwa Kemerdekaan adalah Hak segala Bangsa” menandakan bahwa kemerdekaan bukan hanya milik satu kumpulan masyarakat akan tetapi milik seluruh bangsa dimuka bumi ini.Untuk itu peringatan HUT Ke- 74 Kemerdekaan RI ini dapat kita teladani bahwa kemerdekaan merupakan upaya kebebasan diri pribadi dan kelompok untuk mempertahankan keutuhan bangsa.

Kemerdekaan yang diraih suatu negara bukanlah hasil dari pemberian yang cuma- cuma ,namun lebih dari itu meraih kemerdekaan butuh pengorbanan dan perjuangan.
Hal ini pun telah diungkapkan dalam Tunjuk Ajar Melayu” apa tanda melayu jati,rela berkorban sampai mati serta ” Apa tanda melayu beriman,Hidup dan mati rela berkorban”, tutur NS.Dedi Putera,S.kep saat membacakan sambutan Gubernur Riau.

BACA JUGA :   Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi Manado Berbenah Diri

Dilanjutkannya,Peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini mengangkat tema ” SDM UNGGUL INDONESIA MAJU” dan tema tersebut menggambarkan Visi pemerintah dalam meningkatkan kualitas Sumber daya manusia ( SDM) indonesia.
Momentum kemerdekaan ini merupakan momentum yang tepat untuk memperkokoh tali silaturahmi bangsa indonesia,memperkuat rasa kebangsaan,merayakan kebersamaan dan meningkatkan semangat kerja untuk indonesia yang lebih baik.

Pola penguatan sumber daya manusia yang unggul dimulai dari Sektor Pendidikan,Kesehatan dan Infrastruktur serta sektor- sektor lainnya yang menjadi pendukung pembangunan SDM.


Penguatan SDM ini sangat Strategis dimana kita akan menghadapi Revolusi Industri 4.0, perkembangan Inovasi dan juga kemajuan Teknologi informasi saat ini telah menjadi pemicu adanya Revolusi Industri diberbagai bidang.

Tidak pelak lagi kita harus menciptakan SDM yang unggul dan Kompetitif sehingga tercipta SDM yang berdaya saing.
Untuk itu kita berupaya meninggalkan Zona nyaman dan terus meningkatkan kapasitas masing- masing serta selalu siap dalam berkompetisi secara positif, sebutnya.

Peserta upacara yang bahagia,lanjutnya, Sejalan dengan hari ulang tahun kemerdekaan RI tahun ini,pemerintah provinsi riau sangat mendukung upaya dari pemerintah dalam menciptakan SDM yang unggul indonesia maju, salah satu butir Misi pemerintah provinsi riau yakni ,” Mewujudkan sumber daya manusia yang beriman,berkualitas dan berdaya saing melalui pembangunan manusia seutuhnya.

Penguatan SDM pembangunan manusia seutuhnya terus diupayakan pemerintah provinsi riau untuk mewujudkan riau yang berdaya saing sejahtera,Bermartabat dan unggul diindonesia ( Riau Bersatu ).
Kita tentu yakin dengan banyaknya Potensi- potensi dan pengembangan Inovasi- inovasi dari Kabupaten / Kota diprovinsi riau sebagai upaya untuk mendukung SDM unggul indonesia maju dapat menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0 mendatang.

Hadirnya Masyarakat Ekonomi Asean ( MEA ) telah dapat kita lewati bersama- sama,namun saat ini kita perlukan perbaikan- perbaikan SDM dengan menyiapkan lembaga- lembaga ketrampilan dan pelatihan,memperkuat mutu bidang pendidikan termasuk peningkatan kualitas perguruan tinggi serta memperbaiki sistem Sertifikasi, memperbanyak tenaga pengajar Produktif melalui Training Of Trainer ( TOT ) pada lembaga- lembaga Vokasi, sambungnya.

BACA JUGA :   9 Produk Unggulan Kota Depok Hadir Di Gerai Apeksi Tahun 2019 Semarang

Peserta upacara yang kami hormati, Bersamaan dengan HUT Kemerdekaan RI ini, beberapa waktu yang lalu provinsi riau juga telah menghelat hari jadinya yang ke-62 dengan tema yang diangkat dalam hari jadi ke-62 provinsi riau yaitu ” Riau Hijau dan Bermartabat “. Diusia yang semangkin meningkat,Provinsi riau telah menunjukkan kemajuan- kemajuan peningkatan pembangunan yang cukup Signifikan.

Selain itu juga proyek – proyek strategi Nasional seperti Jalan Tol Pekanbaru- Dumai,jalur RAILWAY dan juga pembangunan kawasan industri pelabuhan terus dipercepat agar roda prekonomian dapat berjalan.
Kita bangga berbagi prestasi yang diraih provinsi riau ditingkat nasional merupakan upaya kerja keras kita selama ini dan juga berkat Ridho Allah SWT.

Penguatan budaya melayu didunia pendidikan juga telah kita sukseskan dengan masuknya muatan lokal budaya melayu disekolah lanjutan tingkat atas tahun 2019.
Kurikulum muatan lokal budaya melayu riau ini juga mengacu pada peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.79 tahun 2014 tentang muatan lokal Kurikulum 2013.

Masuknya penguatan budaya melayu dalam lembaga pendidikan sebagai bentuk upaya kita untuk melestarikan dan menjaga budaya melayu dari generasi ke generasi berikutnya, imbuhnya.

Orang nomor satu didesa Gunung Bungsu ini diakhir pembacaan sambutan Gubernur Riau menuturkan, Peringatan HUT Kemerdekaan RI ini menjadi momen yang tepat bagi kita semua untuk terus berpacu menuju indonesia yang makmur dan damai sebagaimana kita cita- citakan bersama.
” Dirgahayu Ke-74 Republik Indonesia , SDM Unggul Indonesia Maju “.

Semoga allah Swt meridhai segala usaha yang telah kita lakukan dan membimbing apa yang akan kita upayakan untuk membangun indonesia dan provinsi riau menjadi lebih baik dimasa mendatang,Pekanbaru 17 Agustus 2019 Gubernur Riau,Drs.H.Syamsuar,M.si, tutup NS.Dedi Putera,S.kep dalam penyampaian sambutan Gubernur Riau.

BACA JUGA :   Babinsa Koramil 03/ Bunut Himbau Jamaah Mesjid Patuhi Prokes

Pantauan reportaseindonesia.id ditempat acara, seluruh elemen masyarakat gunung bungsu begitu Antusias mengikuti Upacara Proklamasi HUT Kemerdekaan RI yang Ke- 74 tahun 2019 serta berjalan lancar dan khidmat.

Penulis : Hargono