Ketua (LAK) Kampar Minta Warga, Biarkan Pemerintah Bekerja Atasi Asap

Pekanbaru, reportaseindonesia.id l Kondisi asap yang melanda Provinsi Riau pada umum nya berdapak kerisauan terhadap masyarakat, banyaknya bermunculan kemarahan, hujatan dan protes kepada Pemerintah. Protes ini banyak disampaikan masyarakat melalui media sosial bahkan aksi unjuk rasa.

Ketua Lembaga Adat Kampar (LAK) H Syartuni DT Paduko Majo meminta agar masyarakat bersikap tenang dan membiarkan pemerintah bekerja.

” Dapat dipahami sikap anak kemenakan dan masyarakat yang marah, karena kita semua memang menderita akibat asap ini, namun kami imbau juga semua bersikap tenang,” Ujar Sartuni kepada awak media di Pekanbaru (15/9).

Dijelaskannya, Pemerintah Provinsi Riau menurutnya tentu juga merasa cemas dengan musibah ini, karena mereka juga punya keluarga yang harus diselamatkan, dan mereka juga menghirup asap yang sama dengan masyarakat, namun tentunya mengatasi masalah ini bukan secepat datangnya asap.

” Maka biarkan mereka bekerja mencari solusi untuk mengatasi masalah ini, ” Jelasnya lagi

Lebih lanjut Ia juga menyampaikan bahwa Pembakaran hutan dan lahan di Riau menurut pucuk adat di kabupaten Kampar ini sudah berlangsung lama oleh oknum -oknum yang memang sudah tahu caranya bermain sehingga bisa selalu lolos, maka perlu strategi juga sehingga mereka benar-benar kapok. Karena bencana yang sudah berlangsung setiap tahun ini dulu pernah hilang namun muncul lagi.

“Perlu ada solusi jitu, bagaimana mereka kapok membakar hutan ini, ” terangnya.

Ia juga meminta, Maka masyarakat diminta jangan menghujat dulu, namun membiarkan pemerintah melaksanakan tugasnya, masyarakat juga diminta membantu, salah satunya dengan mengawasi lingkungan masing-masing terhadap pembakaran, selanjutnya menjaga kesehatan keluarga dengan melarang anak – anak beraktifitas diluar.

” Memang tampak sepele namun itu sangat membantu dalam upaya menanggulangi akibat asap ini,” Jelasnya lagi

BACA JUGA :   Koramil 04/KS bersama Tri Pilar Kepulauan Seribu Sosialisasikan Pemberantasan dan Pencegahan Narkoba

Syartuni juga berharap, agar pemerintah Riau semakin meningkatkan upayanya dalam menanggulangi asap, apalagi direncanakan presiden Joko Widodo akan turun ke Riau hari ini (16/9), maka diharapakan akan ada solusi untuk masalah asap di Riau. Tutupnya ( Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

18 − one =