Kampar,reportaseindonesia.id | Camat Koto Kampar Hulu,T. Said Hidayat,S.STP secara resmi melantik Anggota BPD( Badan Permusyawaratan Desa) terpilih Desa Tanjung dan Anggota BPD desa Gunung Malelo Periode 2019- 2025, Sekaligus Pengukuhan Perangkat Desa Didua desa tersebut yang diselenggarakan Diaula Kantor Camat Koto Kampar Hulu,Kabupaten Kampar,Provinsi Riau,rabu pagi (6/11/2019) sekitar pukul 09.00 wib.

Acara tersebut dihadiri oleh,Camat Koto Kampar Hulu, T. Said Hidayat,S.STP beserta Stafnya,Kapolsek XIII Koto Kampar diwakili oleh Wakapolsek XIII Koto Kampar, Iptu Musliono,Kepala KUA Kecamatan Koto Kampar Hulu,Kepala Desa ( Kades ) Tanjung,Sutomi beserta seluruh perangkatnya,Kades Gunung Malelo,Hidayat Mathri,S.pdi beserta seluruh perangkatnya, Bhabinkamtibmas Desa Tanjung,Bripka Onrianto, Bhabinkamtibmas Desa Gunung Malelo,Brigadir Faisal Boebata, seluruh Anggota BPD yang terpilih Desa Tanjung maupun Desa Gunung Malelo,Tokoh Adat,Tokoh Agama,Tokoh Pemuda,Tokoh Wanita serta tamu undangan lainnya.

Advertisement

Diketahui, Anggota BPD yang terpilih yang dilantik oleh Camat Koto Kampar Hulu adalah sebagai berikut, Anggota BPD Desa Tanjung sebanyak 9 orang serta Anggota BPD Desa Gunung Malelo sebanyak 9 orang, sedangkan Perangkat desa yang Dikukuhkan yakni, Perangkat Desa Tanjung sebanyak 13 orang dan Perangkat Desa Gunung Malelo sebanyak 13 orang .

” Bapak,Ibu sekalian kami atas nama jajaran dari pimpinan kecamatan mengucapkan selamat kepada bapak serta ibu sekalian dan apa yang kita lakukan pada hari ini merupakan wujud dari langkah yang akan kita tentukan kedepan yaitu sebagai Abdi dari Masyarakat karena kita semua abdi atau pelayan dari masyarakat.

Mudah- mudahan apa yang kita laksanakan pada hari ini membawa kebaikan bagi kita dan membawa kebaikan bagi keluarga serta membawa kebaikan bagi desa kita masing- masing,imbuh Camat Koto Kampar Hulu,T.Said Hidayat,S.STP diawal penyampaiannya.

Orang nomor satu dikecamatan koto kampar hulu ini menambahkan, Bapak,ibu sekalian pada hari ini kita melaksanakan yang pertama Pelantikan sekaligus Janji dan sumpah jabatan Anggota BPD serta yang kedua adalah Pengukuhan Perangkat desa Sesuai dengan Undang- Undang Desa dan Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa ( BPD),disitu dijelaskan bahwa antara Kepala Desa( Kades) dengan BPD merupakan satu kesatuan dimana BPD bahagian dari pemerintahan desa.

BACA JUGA :   Camat Koto Kampar Hulu Resmi Membuka Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Evaluasi Ranperdes Apbdes Tahun 2020

” Semoga 2 lembaga atau Pejabat didesa ini bisa saling mengisi dan saling mengingatkan insya Allah desa kita bisa maju serta Kepala desa dengan BPD nya harus bisa saling berlomba dalam membangun desa, ajaknya Camat Koto Kampar Hulu ini.

Lebih lanjut disampaikannya, Kami berharap Bapak- bapak Anggota BPD bisa mencari dana pembangunan diluar dari dana desa ( DD ) disebabkan Alokasi Dana Desa ( ADD) maupun Dana Desa belum cukup untuk pembangunan desa sehingga kita harus mampu mencari dana dari luar seperti dari dana Aspirasi melalui Proposal yang diajukan serta jangan kita hanya menghandalkan kepala desa.

Banyak kita lihat desa- desa yang maju bahwa mereka tidak hanya menghandalkan Apbdes Perubahan saja tetapi mereka menghandalkan dari Bantuan Sosial ( Bansos) dan bahkan dari Pusat supaya mereka dapat bantuan karena apa? Karena kemampuan mereka berkomunikasi yang baik.

” Jadi sekarang bapak, Ibu sekalian Anggota BPD serta perangkat desa sekarang telah didahulukan satu langkah dari masyarakat biasa dan pada hari ini beban sudah ada dibahu bapak, ibu terutama Anggota BPD sehingga kita bekerja sesuai aturan,sebutnya.

Sekali lagi kami ucapkan selamat kepada bapak,ibu sekalian serta selamat bertugas,selamat mengabdi dan yang namanya kita bekerja pasti ada permasalahan ,pasti ada perselisihan tetapi jangan sampai berlarut- larut .

Perselisihan itu ada unsur untuk memajukan desa tidak ada masalah itu yang kita harapkan dan mohon maaf apabila ada kata- kata kami yang salah.

“Sekali lagi kami ucapkan selamat dan mudah- mudahan kedepan kita bisa mengabdi dengan baik untuk memajukan desa kita dengan baik serta yang terbaik dikabupaten kampar ini,tutupnya.

Penulis : Hargono