Kampar,reportaseindonesia.id | Warga desa Koto Tuo,Kecamatan XIII Koto Kampar,Kabupaten Kampar,Provinsi Riau sangat Merespon Positif dengan hadirnya bantuan dari pemerintah Pusat berupa Pamsimas ( Penyediaan Air Bersih Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat ) tahun 2019 didesanya yang saat ini masih tahap pengerjaan.

Diketahui bahwa Program Nasional Pamsimas ini adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh pemerintah indonesia dengan didukung Bank Dunia dimana program ini dilaksanakan diwilayah Pedesaan dan pinggiran Kota.

Advertisement

” Kami sebagai masyarakat desa Koto Tuo tentunya sangat merespon positif serta merasa senang sekali dengan hadirnya bantuan dari pemerintah berupa Pamsimas atau sarana air bersih didesa kami serta mudah- mudahan setelah Pamsimas ini selesai besok dikerjakan dan air dapat mengalir kesetiap rumah-rumah warga untuk digunakan sebagai kebutuhan hidup sehari- harinya,ungkap salah seorang warga Dusun IV desa Koto Tuo, Firdaus ( 31) menuturkan kepada reportaseindonesia.id dilokasi penggalian lobang untuk penanaman Pipa Pamsimas,senin (18/11/2019).

Firdaus menambahkan, Saat ini Pipa lagi tahap pemasangan ataupun pengerjaan baik pun sumur sudah diperbaiki semua oleh pemerintah desa ( Pemdes) Koto Tuo dan bahkan dari Bendungan diatas juga Pipanya masih tahap pemasangan.

” Tinggal besok pemasangan Pipa disetiap dusun sampai diatas sana dimana Pamsimas baru maupun Pamsimas lama pun telah diperbaiki untuk segera dioperasikan supaya air bisa masuk kesetiap rumah warga sesuai komitmen ataupun merupakan Target bapak Wali ( Kepala Desa ) Koto Tuo Bapak Zen Habibi, sebutnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Selama ini Aktivitas kami sehari-harinya mulai dari mandi maupun mencuci pakaian ya pergi kesungai dimana kalau diwilayah Dusun II sumber fasilitas air bersihnya sudah oke dari puncak sana bisa mengalir ketempat yang rendah sedangkan kalau untuk wilayah Dusun IV berada diketinggian sementara air berada dibawah secara otomatis kami tidak dapat air sehingga kami beraktivitas sehari- harinya baik mandi maupun menyuci kesungai.

BACA JUGA :   Mobil Dinas Pemda Kampar Yang Dipinjam Mantan Kasat Intel Polres Kampar Telah Dikembalikan

Oleh karena itulah Pamsimas tahun 2019 ini dibangun oleh pihak pemdes koto tuo diatas sana untuk warga Dusun IV dan mudah- mudahan dengan adanya dibangun Pamsimas Didusun IV ini air bersih bisa mengalir kesetiap rumah- rumah warga terutama warga Dusun IV desa Koto Tuo.

” Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada pemerintah pusat terutama pemdes Koto Tuo yang telah membangun Pamsimas atau sarana air bersih didusun IV sebab kalau tidak dibangun sarana air bersih didusun kami sampai kapan pun kami akan tetap beraktivitas sehari- harinya pergi kesungai karena air sudah menjadi sumber kehidupan kita sehari-harinya, imbuhnya.

Penulis : Hargono