Gambir Desa Tabing Khususnya Koto Kampar Hulu Masuk Kepasar Lelang Komoditi Agro

0
69

Kampar,reportaseindonesia.id | Gambir Desa Tabing Khususnya Gambir diwilayah Kecamatan Koto Kampar Hulu,Kabupaten Kampar telah masuk ke Pasar Lelang Komoditi Agro yang digelar Dihotel Jatra jalan T. Zainal Abidin Pekanbaru Provinsi Riau,kamis (28/11/2019) kemarin.

” Jadi acara kami di Pekanbaru kemarin adalah Pasar Lelang Komoditi Agro tepatnya tanggal 28 November 2019 Dihotel Jatra Pekanbaru dan informasi yang dapat kami sampaikan bahwasanya Komoditi kita dikecamatan koto kampar hulu ini itu sangat banyak sekali terutama dibidang pertanian seperti Gambir, Serai Wangi serta ada turunan dari Gaharu dimana Gaharu punya turunan sampai ke Minyak Wangi dan kalau kami sendiri semalam membawahi atau Petani dari Gambir,ujar perwakilan petani Gambir desa Tabing Khususnya wilayah kecamatan koto kampar hulu,Ahmad Begab ,S.sos, M.si menuturkan kepada reportaseindonesia.id ,jumat pagi (29/11/2019).

Lebih lanjut Ahmad Begab, S.sos ,M.si menjelaskan, Gambir kita dikoto kampar hulu ini sudah lama hampir 40 tahun lamanya cuma kendala kita dilapangan Gambir ini hanya sampai ke Pengumpul dan kalau didesa sampai ditingkat Toke .

Sedangkan untuk ke Toke yang besar atau pengumpul yang besar itu berada di Padang Sumatera Barat ( Sumbar ) serta di Medan Sumatera Utara ( Sumut ) sehingga Petani dikoto kampar hulu hanya sampai toke dan permainan tokelah harganya lagi.

Ahmad Began, S.sos, M.si perwakilan petani Gambir Desa Tabing Kecamatan Koto Kampar Hulu

” Jadi hasil kami dipasar kordinator dipasar Komoditi semalam ada beberapa orang atau pelaku usaha ataupun Investor bahwa khusus untuk diriau ini ia berencana melakukan Importirnya melewati kota Dumai tidak melewati Sumbar lagi serta Medan dan kenapa begitu sebab diriau sendiri kita akan mendapatkan PAD ( Pendapatan Asli Daerah ) dari Ekspor, jelasnya.

Ia menambahkan, Selama ini kan Gambir kita masuk kedaerah Sumatera Barat dan daerah Medan, sedangkan hasil sendiri kita berada di Provinsi Riau serta ada beberapa pelaku usaha yang telah serius akan menanda tangani MOU kesepakatan dengan kita bahwa pelaku dari Investor atau Eksportir tadi dia ( Investor) berniat dengan hasil Gambir tadi.

BACA JUGA :   Maneger PLN Unit Bangkinang Bagikan Sebanyak 50 Paket Sembako Buat Warga Miskin di Kecamatan koto Kampar Hulu

Disamping itu dapat juga kami sampaikan bahwa Gambir kita pada hari semalam itu ( Pasar Lelang) telah 2 Universitas atau 2 Tim Uji akan melakukan uji Material apa saja yang terkandung didalam Gambir didesa Tabing pada umumnya kecamatan koto kampar hulu.

Jadi harapan kami kepada Peneliti tolong diteliti lebih lanjut Gambir ini supaya ada turunannya serta jangan kita menjual Gambir yang begitu bulat seperti itu dan bagusnya ada turunan menjadi apa
dia ( Gambir) seperti menjadi Lipstik kah atau menjadi Obat kah atau menjadi lainnya.

” Itu harapan dari kami petani Gambir dan apabila sudah ada turunan nantinya maka secara otomatis harga Gambir akan naik,tutupnya.

Penulis : Hargono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × four =