Kampar,reportaseindonesia.id | Pemerintah Kecamatan XIII Koto Kampar menggelar rapat lintas Sektoral antisipasi dini penyebaran Virus Corona,bertempat digedung Astaka Kecamatan XIII Koto Kampar,Kabupaten Kampar,Provinsi Riau, rabu ( 18/3/2020).

Acara rapat tersebut dihadiri oleh Camat XIII Koto Kampar, Rahmat Fajri ,S.STP ,M.si ,Kapolsek XIII Koto Kampar, AKP Budi Rahmadi,SH bersama anggota, Danramil 12/ XIII Koto Kampar,Kapten ARH Diding Sukardi bersama anggota, Kepala KUA Kecamatan XIII Koto Kampar, Kepala Puskesmas ( Kapus ) 1 ,2 dan 3 Kecamatan XIII Koto Kampar, Sekcam XIII Koto Kampar, Kawilarang, Lurah Batu Bersurat , Kepala Desa ( Kades) Se- Kecamatan XIII Koto Kampar, Ketua BPD Se- Kecamatan XIII Koto Kampar, Kordinator PKH ( Program Keluarga Harapan )Kecamatan XIII Koto Kampar serta Panitia MTQ Kecamatan XIII Koto Kampar.

Advertisement

Camat XIII Koto Kampar,Rahmat Fajri ,S.STP ,M.si dalam sambutannya mengatakan, Bapak- bapak serta ibu – ibu yang saya hormati sengaja kami mengundang kita disini tentunya ada maksud dan tujuan karena dapat kita lihat baik itu di media sosial, televisi maupun media cetak tentang Virus Corona yang mungkin sebelumnya atau awalnya berasal dari Wuhun Negara Cina.

” Tentunya ini menjadi perhatian kita semuanya dan tentunya kami sebagai perpanjangan tangan Bupati membuat rapat Lintas Sektoral ini sehingga informasi sampai ke titik yang terendah kepada masyarakat kita, ujar Camat XIII Koto Kampar, Rahmat Fajri, S.STP, M.si diawal sambutannya.

Orang nomor satu di Kecamatan XIII Koto Kampar ini menambahkan , Pahit manis wajib kita sampaikan dan alhamdulillah untuk Kabupaten Kampar belum dijumpai yang namanya Virus Corona serta kita doakan kedepannya tidak ada ada dikabupaten kampar .

Pastinya isu ini serta kejadian ini kalau tidak disikapi dengan bijak akan menjadi keresahan kepada masyarakat kita, menjadi ketidak nyamanan terhadap masyarakat kita dan baik itu Aktivitas , baik itu yang namanya Prekonomian.

BACA JUGA :   Wakil Ketua DPRD Kampar, H.Fahmil,ME Beri Beasiswa 3 Orang hafizh 30 Juz Dipesantren Insan Cendekia Salo

“Tentunya kita sebagai kepercayaan dari masyarakat kita menyampaikan kepada masyarakat terkait Virus Corona ini, imbuhnya

Lebih lanjut dikatakan Rahmat Fajri, Bupati Kampar sudah membuat surat edaran baik itu tentang aktivitas dikurangi dan apa lagi keramaian sehingga kami berharap kita sebagai kepercayaan masyarakat bisa memberikan Penyuluhan maupun Sosialisasi terkait Virus Corona ini agar dapat dimengerti oleh masyarakat.

Disini kami informasikan bahwa obat untuk Virus Corona ini belum ada namun kita bisa mencegah dan yang pertama adalah kita wajib menjaga yang namanya Anti Body atau Stamina serta yang kedua yaitu supaya kita mengkonsumsi makanan yang bergizi, ketiga mengurangi aktivitas yang berinteraksi dengan orang yang tidak kita kenal dan yang keempat menjaga pola hidup sehat dengan cara mencuci tangan, menjaga kebersihan sehingga kita dapat mencegah atau menanggulanginya.

” Jadi melalui rapat Lintas Sektoral inilah kita coba untuk meluruskan bagaimana caranya informasi ini sampai secara bijak kepada masyarakat kita, tutupnya sambil mengakhiri sambutannya.

Ditempat yang sama, Kapolsek XIII Koto Kampar, AKP Budi Rahmadi,SH dalam arahannya menuturkan, Kami bersama pak Danramil dan pak Camat sudah 1 minggu lebih berkolaborasi untuk menyikapi terkait Virus Corona ini namun hingga sekarang masih mentah karena kalau yang terjangkit Virus Corona itu kelihatan seperti berubah menjadi merah atau biru sehingga kita tidak tahu bahwa seseorang tersebut sudah terjangkit Virus Corona tetapi Virus Corona ini tidak kelihatan dan tadi sudah panjang lebar disampaikan camat maupun Kapus.

Kalau kita tidak berbuat macam- macam serta tidak punya niat yang aneh- aneh dan kita mengikuti jalurnya seperti apa dimana saat ini anak- anak sekolah telah diliburkan akibat Virus Corona ini,kata Kapolsek XIII Koto Kampar diawal pengarahannya.

BACA JUGA :   Wakil Ketua DPRD Kab. Kampar,Fahmil,SE Hadiri Acara Puncak HKN Ke-55 Dipuskesmas Koto Kampar Hulu

Budi Rahmadi menambahkan,Kalau yang dikesehatan sudah pasti tahu orang yang sakit karena mereka datang untuk berobat sehingga mereka sudah punya persiapan atau untuk menjaga jarak tetapi kalau seperti saya ,pak Danramil dan pak Camat ini kalau memang yang harus pertama diperiksa mungkin kami karena kami tidak bisa menghindar dari kerumunan orang.

Kita mengantisipasi agar masyarakat disuruh diam dirumah serta jangan keluar rumah selama 14 hari dan kami dari pihak keamanan menghimbau kepada masyarakat supaya jangan terlalu ketakutan yang berlebihan.

” Kegiatan kedepan kita masih banyak serta saya ingin hal ini disampaikan ke warga kita agar warga kita jangan jadi takut dan saya berharap agar masyarakat tidak terlalu berlebihan seperti yang sudah disampaikan bapak kepala puskesmas tadi, harapnya

Selanjutnya acara dilanjutkan penyampaian Danramil 12 / XIII Koto Kampar Serta Kepala Puskesmas ( Kapus ) 2 , H.Edi Yahya dan acara rapat Lintas Sektoral Antisipasi Dini penyebaran Virus Corona tersebut berjalan dengan lancar tanpa Ekses.

Penulis : Hargono