Depok,reportaseindonesia.id | RS Sentra Medika Cisalak yang saat ini menangani pasien Covid-19 sebanyak 600 pasien dengan angka kematian mencapai 4% belum menjadi RS Rujukan Covid-19 di wilayah Kota Depok, hal ini mendapat perhatian khusus dari Satgas Lawan Covid-19 Kota Depok.

Seusai menerima bantuan APD beberapa waktu lalu, PJS Manager RS Sentra Medika, Ika Sofrina menyampaikan, Seperti diketahui kami sedang menangani pasien saat ini 600 pasien,kemudian juga angka kematian mencapai 4% dan memang kami sangat butuh bantuan seperti ini

Advertisement

“Jadi memang moment nya sangat pas disaat kami membutuhkan dan memang ada orang yang masih perhatian dengan kami disaat ini,” tutur Ika.

Kami atas nama rumah sakit mengucapkan banyak terima kasih, dengan bantuan ini akan kami salurkan ke tenaga kesehatan yang berdiri di jajaran depan kami mempunyai link khusus saat ini untuk pasien covid sebanyak 14 bed, kami hanya menerima pasien yang sedang karena kalau pasien berat kami terkendala dengan keterbatasan alat.

“Bantuan ini saya terima saat ini, saya terima kasih banyak tolong disampaikan kepada teman-teman di Satgas Lawan Covid DPR-RI, kemudian bantuan ini akan kami manfaatkan sebagai mana seharusnya,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Dr Cecil mewakili rekan medis mengatakan, Kebetulan saya membantu rekan medis mengucapkan banyak terima kasih APD ini sanagat kami butuhkan sebagai garda terdepan untuk melawan covid di rumah sakit Sentra Medika Cisalak nanti akan saya sampaikan ke teman-teman semua terimakasih banyak untuk perhatian nya dan bantuannya kepada tim medis di Sentra Medika.

“Saat ini kami walaupun rumah sakit swasta yang sudah cukup banyak merawat pasien covid-19 namun kami belum masuk di daftar rumah sakit rujukan untuk kota depok, mohon bisa dibantu,” pintanya. Sabtu (02/05/2020)

BACA JUGA :   Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan, Dandim 0508/Depok Cek Pusat Perbelanjaan

Hal tersebut mendapat tanggapan serius dari Satgas Lawan Covid-19 Kota Depok, seperti yang di utarakan Koordinator satgas, Hamzah, SE., MM mengatakan, miris tadi kita ketika berbicara dengan direktur rumah sakit RS Sentra Medika maupun HGA ternyata ada 600 yang menanggulangi pasien-pasien atau gejala-gejala yang mirip dengan covid-19, bahkan tingkat kematian atas tertangani itu adalah hampir 4% dari 600 lumayan cukup banyak

“Mungkin apakah ini lupa terdata ataupun tidak ada laporan kepada pihak tim gugus atau pemerintah kota HGA sendiri ada 100 pasien yang ditangani terkait gejala-gejala yang seperti covid-19 maupun yang meninggal dunia ada 4 orang tadi direkturnya menyampaikan dan mereka berharap ini juga bisa masuk ke dalam SK Walikota sebagai rumah sakit rujukan untuk menangani pasien covid-19 sampai direkturnya juga tadi menyampaikan kepada kita mohon dibantu teman-teman anggota dewan supaya Rumah Sakit kita itu bisa masuk ke dalam SK Walikota,” ujar Hamzah.

Nah ini kan tidak pernah tahu kita mungkin rumah sakit rumah sakit yang lain juga ada juga mana menangani dengan Mandiri mereka, tapi kan kalau biayanya itu dibebankan oleh pasien kan kasihan kalau seandainya itu warga Kota Depok dan orang tidak mampu mereka membiayai dari mana sehingga akhirnya meninggal dunia karena tidak punya biaya.

“Ini Pemerintah juga harus hadir kami dari SATGAS itu mendengar langsung keluh kesah dari tim medis maupun dari direktur Rumah Sakit Sentra Medika maupun HGA. tolong ini juga bisa ditindaklanjuti dan kami pun nanti juga akan mengusulkan kepada pemerintah dan tim gugus,” pungkas Hamzah.