Kampar,reportaseindonesia.id | Bupati Kampar , H.Catur Sugeng Susanto,SH menghadiri penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT- DD ) tahap1 tahun 2020 didesa Rumbio yang akan diterima oleh sebanyak 123 KK ( Kepala Keluarga ) yang terdampak Covid-19 sebesar Rp.600.000 per KK,bertempat diaula kantor desa Rumbio,Kecamatan Kampar,Kabupaten Kampar,Provinsi Riau,senin (8/6/2020).

Acara tersebut dihadiri oleh , Bupati Kampar, H. Catur Sugeng Susanto,SH, Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) Kabupaten Kampar,Sutrilwan,SH,MH, Kadis PMD Kampar, Febrinaldi Tridarmawan,S.ST, M.Si, Kadis Sosial , Zamzami Hasan, Camat Kampar, Alkausar, Bhabinkamtibmas desa Rumbio, Bripka Haryanto,Babinsa desa Rumbio, Serka Muklis, Kades Rumbio , Andi Saputra,S.si ,BPD dan seluruh perangkat desa Rumbio serta relawan Covid -19 dari Universitas Riau ( UNRI ).

Advertisement

Bupati Kampar, H.Catur Sugeng Susanto,SH dalam arahannya menyampaikan bahwa Bantuan Tunai Langsung Dana Desa (BLT-DD) yang diterima sebagian masyarakat kabupaten kampar ini menunjukkan bukti bahwa pemerintah khususnya pemerintah kabupaten kampar melalui pemerintah desa turut hadir ditengah masyarakat untuk membantu masyarakat yang sedang dilanda bencana Non Alam yaitu Pandemi Covid-19.

” Sama didesa-desa lain bantuan sosial juga sebesar Rp. 600.000 per KK ( Kepala Keluarga ) serta ini akan dibayarkan selama tiga bulan dari bulan April, Mei dan Juni, jelas bupati kampar.

Orang nomor satu dikabupaten Kampar ini menambahkan , Dengan demikian diminta agar bantuan ini benar-benar tepat sasaran atau yang benar-benar warga yang sangat membutuhkannya akibat dampak dari Pandemi Covid-19 dan seperti biasanya kita juga menyerahkan BLT-DD secara simbolis kepada beberapa perwakilan masyarakat serta juga menserahkan langasung kerumah- rumah warga.

Selanjutnya terkait Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) dikabupaten kampar hari ini telah berakhir, maka tatanan barupun dimulai yang dinamakan “New Normal” yang artinya dalam masih pandemi Covid-19 masyarakat saat ini sudah diperbolehkan untuk beraktivitas diluar rumah.

BACA JUGA :   BPBD Kampar Melakukan Peninjauan Sekaligus Pendataan Pasca Bencana Banjir Didesa Tabing

” Akan tetapi masyarakat wajib tetap mematuhi serta menjalankan Protokol Kesehatan seperti mengunakan masker, jaga jarak dan selalu cuci tangan pakai sabun,tutupnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Rumbio, Andi Saputra dalam sambutannya mengatakan, Desa Rumbio sendiri saat ini memliki sebanyak 843 Kepala Keluarga (KK) dimana sebanyak 129 KK telah menerima bantuan melalui Dinsos ( Dinas Sosial ) Kabupaten Kampar dengan program Penerima Keluarga Harapan atau PKH dan sebanyak 34 KK telah menerima dari Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT ), sebanyak 283 KK telah menerima bantuan BST ( Bantuan Sosial Tunai ) dari Kemensos ( Kementerian Sosial ), sebanyak 123 KK saat ini menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) serta untuk sebanyak 114 KK lainnya belum dapat bantuan.

” Kita berharap nantinya dapat bantuan dari BST Provinsi Riau, harapnya.

Sementara itu salah seorang relawan Covid-19
dari KKN ( Kuliah Kerja Nyata ) dari Universitas Riau ( UNRI ) saat dikonfirmasi reportaseindonesia.id menuturkan , Kami Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) relawan wabah Covid-19 didesa Rumbio kami hadir dalam rangka mengakomodir kegiatan kuliah kerja nyata yang tidak bisa dilaksanakan sebagai mana biasanya dikarenakan melibatkan banyak orang.

“Kami berharap dengan pengabdian sebagai relawan ini mampu memperlambat penyebaran wabah Virus Corona ini dan memberikan bantuan semaksimal mungkin bagi para Satgas, Relawan serta masyarakat yang terdampak didesa Rumbio ,pungkasnya.

Penulis:Nazri

Editor : Hargono