DKPP Bintan dan Ketua DPRD Bintan Kunjungi PT. Bionesia Organic Foods (BOF)

0
146

Bintan ( Kepri ), reportaseindonesia.id | Ketua DPRD Kabupaten Bintan , Agus Wibowo serta kepala Dinas ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bintan, Khairul bersama anggota komisi II DPRD Provinsi Kepri, Eis Aswati beserta rombongan dari Bidang Perkebunan DKPP Kabupaten Bintan melakukan kunjungan kerja ( Kunker ) ke PT. Bionesia Organic Foods (BOF) dikawasan Industri Bintan (KIB) Lobam, Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, provinsi Kepulauan Riau ( Kepri), selasa ( 7 /7/ 2020).

Dalam kesempatan kunjungan tersebut kadis DKPP Kabupaten Bintan, Khairul menyampaikan, Pemda ( Pemerintah Daerah ) Bintan sangat mendukung Investasi yang ada dikabupaten Bintan terutama investasi yang bergerak di Sektor pertanian dimana PT. BOF merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan buah kelapa menjadi berbagai macam produk olahan pangan kelapa diantaranya adalah santan kelapa, cokelat kelapa, susu kelapa serta produk lainnya yang sudah dalam bentuk kemasan dengan target pasar adalah Ekspor ke luar negeri.

” Salah satunya adalah Negara Jerman dan Ini tentunya menjadi kebanggaan Bintan sekaligus bisa menjawab tantangan bahwa ternyata ada perusahaan yang bergerak disektor pertanian yang sudah internasional serta memiliki produk kelas dunia,Jelas Khairul kadis DKPP Kabupaten Bintan.

Lebih lanjut dikatakannya , Produksi perhari kelapa yang diolah di PT. BOF sekitar 61 ton namun demikian karena permintaan kelapa yang cukup besar dimana pasokan kelapa diperoleh dari luar kabupaten Bintan diantaranya dari Kabupaten Indragiri Hilir ( Inhil ) dan kabupaten kepulauan meranti Provinsi Riau.

” Ini adalah peluang bagi petani kelapa di Bintan untuk meningkatkan produksi buah kelapanya mengingat bahan baku kelapa di PT. BOF ini masih diperoleh dari luar Bintan.

Disamping itu,lanjutnya, Hasil buangan (limbah) dari produk olahan kelapa ternyata masih banyak yang belum dimanfaatkan dengan baik, seperti ampas kelapa, sabut kelapa serta batok kelapa padahal jika diolah dengan baik produk limbah ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan, paparnya.

BACA JUGA :   Sofyan Datuk Majo Sati Menang Mutlak Dalam Pilkades Desa Pulau Gadang Dengan Jumlah Suara 829

Melihat kondisi tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Bintan, Agus Wibowo mengusulkan agar limbah-limbah ini dimanfaatkan karena ini banyak manfaat dari limbah kelapa dimana Agus mencontohkan bahwa ampas kelapa dapat dijadikan sebagai pakan ternak serta juga sabut kelapa dapat sebagai bahan pembuatan Cocopit dan ini menjadi metode yang baik dalam pengolahan tanah.

” Pemanfaatan limbah ini sebaiknya dilakukan melalui kontrak kerjasama antara PT. dengan pihak terkait, terutama pihak yang bersentuhan langsung dengan usaha pertanian dimana muaranya semua ini untuk kemajuan petani di Bintan, imbuhnya.

Menanggapi usul tersebut, pihak PT. BOF sangat mendukung jika ada masyarakat yang ikut memanfaatkan limbah tersebut dan pihaknya berterima kasih atas dukungan kemudahan berusaha yang diberikan selama ini oleh Pemda Bintan.

Penulis : Sudarno

Editor : Hargono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 2 =