Kampar, reportaseindonesia.id | Meskipun Babinsa sudah berulang ulang melaksanakan patroli serta sosialisasi tentang bahaya dan larangan membakar hutan dan lahan tetapi tetap saja terjadi kebakaran.

Kali ini pada sore minggu kemarin telah terjadi kebakaran lahan seluas 0,5 Hektar di RT 01/ RW 01 Dusun III desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar,dimana memang didesa tersebut dengan sebagaian wilayahnya kondisi Kultur tanah Gambut yang sangat rawan kebakaran hutan dan lahan, Senin (1/3/2021).

Kebakaran ini memang betul-betul sangat mendebarkan dan membuat para Babinsa merasa khawatir jika efeknya melebar kearah yang membahayakan pada kesehatan masyarakat.

“Kini benar- benar terjadi kebakaran tersebut yang mana api telah melahap tanah dan lahan kosong yang merupakan milik warga dan saat ini sedang dalam penyelidikan pihak Polsek Tambang serta Koramil 07/kampar, kata Danramil 07/kampar Kapten Inf Asril.

Kesiapan para Babinsa di Kecamatan Tambang, begitu mendapat info segera memerintahkan Babinsa, Pelda Erizal serta Serda Jimmi bergerak cepat untuk mengecek lokasi dan ternyata benar ada lahan kosong yang baru terbakar.

Selanjutnya segera berkoordinasi dengan pihak Polsek Tambang dan MPA (Masyarakat Peduli Api) untuk melasankan pemadaman, sambungnya.

Ternyata upaya yang dilakukan oleh Babinsa bersama Polri serta MPA membuahkan hasil yang baik dan api sudah berhasil dipadamkan.

Babinsa menganggap tugas ini belum selesai sehingga pagi ini Babinsa dan seluruh personil yang terlibat dalam kegiatan pemadaman ini kembali melanjutkan proses pendinginan areal dengan mengulangi menyiramnya kembali.

“Sebelum api padam tugas belum selesai, sebelum asap hilang, tugas juga belum selesai dan semoga tugas ini menjadi amal ibadah bagi para babinsa,ucap warga yang kebunnya bersebelahan dengan lokasi kebakaran.

BACA JUGA :   Wartawan Kembali Menjadi Korban Kekerasan Petugas Kepolisian

Sumber : Pendim 0313/KPR

Editor : Hargono