TNI AL  

Mewujudkan TNI AL Profesional Melalui Operasi dan Latihan

Jakarta,reportaseindonesia.id | Dalam rangka mewujudkan TNI AL yang profesional pengawaknya, modern alat utama sistem senjata (Alutsista) dan cara bertempurnya, tangguh di setiap situasi, serta selalu siap sedia dan dapat diandalkan dalam menghadapi semua bentuk ancaman, semua itu perlu dilaksanakan kegiatan operasi dan latihan yang sesuai dengan kondisi dinamika situasi nasional dan perkembangan lingkungan strategis, demikian disampaikan Sekretaris Dinas Operasi dan Latihan Angkatan Laut (Sekdisopslatal) Kolonel Laut (P) Singgih Sugiarto, S.T., M.Si., mewakili Kepala Dinas Operasi dan Latihan Angkatan Laut (Kadisopslatal) Laksamana Pertama TNI Deny Septiana, S.I.P., M.A.P., saat membuka Rapat Kerja Teknis Operasi (Rakernis Ops) tahun 2021 di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (31/3).

Rakernis Ops yang diikuti sebanyak 77 peserta yakni 34 peserta melaksanakan tatap muka dan 43 peserta secara daring (virtual) ini merupakan tindak lanjut Rakor Ops TNI AL yang pada waktu itu dibuka Asops Kasal Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M. Hasil Rakor Ops yang perlu menjadi acuan dalam kegiatan ini yakni bahwa TNI AL harus senantiasa meningkatkan kemampuan di bidang operasi dan latihan dan harus tetap waspada dalam mencermati perkembangan lingkungan baik di level nasional maupun pada tataran strategis di kawasan regional dan global.

Kadisopslatal dalam sambutannya yang dibacakan Sekdisopslatal menjelaskan bahwa berkaitan dengan keamanan wilayah maritim Indonesia tantangan keamanan masih didominasi oleh aspek pelanggaran wilayah dan pelanggaran hukum di laut.

Sementara itu, berkaitan kondisi pandemi Covid-19 ini, Kadisopslatal menjelaskan bahwa situasi ini, TNI AL turut aktif ambil bagian dalam mendukung program kebijakan pemerintah terkait penanganan pandemi Covid-19 serta percepatan pemulihan ekonomi nasional dengan menjalin kerja sama serta koordinasi dengan berbagai instansi dan stake holder terkait tanpa mengesampingkan aspek profesionalisme dalam pelaksanaan tugas pokok maupun pembinaan kemampuan.

BACA JUGA :   TNI AL dan PT Pelni Persero Sepakati PKS untuk Tegakkan Penertiban Kapal

Kegiatan yang dilaksanakan TNI AL menunjukan performa kinerja yang luar biasa “Hal yang sangat membanggakan terbukti, dalam berbagai kesempatan TNI AL mampu menunjukkan performa yang luar biasa dalam aksi tanggap darurat penanggulangan bencana alam serta musibah kecelakaan transportasi di laut dengan hasil yang sangat memuaskan, cepat, tepat dan tuntas. Pengakuan ini merupakan buah dari kerja keras dan semangat pengabdian yang tinggi dari seluruh jajaran operasional TNI AL,” ungkap Sekdisopslatal mengutip sambutan Kadisopslatal.

Kegiatan Rakernis Ops ini merupaskan salah satu penjabaran program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yakni penyelarasan doktrin, operasi dan latihan serta sistem pelatihan yang fleksibel dan adaptiv terhadap dinamika situasi terkini ini mengusung tema “Unsur Operasi dan Latihan TNI AL yang Profesional, Modern dan Tangguh Siap Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 serta Pemulihan Ekonomi Nasional”.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber (pemapar) yakni Asisten Operasi Panglima Komando Armada (Asops Pangkoarmada) I Kolonel Laut (P) Ashari Alamsyah, Asops Pangkoarmada II Kolonel Laut (P) Edi Haryanto, Asops Pangkoarmada III Kolonel Laut (P) Agam Endrasmoro, Asisten Operasi Panglima Komando Lintas Laut Militer (Asops Pangkolinlamil) Kolonel Laut (P) Nanan Isnandar, Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Mar Ahmad Fajar, Direktur Operasional Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Dirops Puspenerbal) Kolonel Laut (P) C.N. Ardiantoro dan Kepala Sub Direktorat Komandan Satuan Survei Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Kasubdit Dansatsurvei Pushidrosal) Kolonel Laut (P) Yudi Kuncoro, S.T., M.M., yang masing masing pemapar membahas tentang kegiatan operasi dan latihan yang sedang dan akan dilaksanakan TA. 2021, tantangan yang dihadapi dan upaya tindak yang dilaksanakan.

BACA JUGA :   TNI AL Sinergi Berbagai Unsur di Mimika Gelar Serbuan Vaksinasi

Sumber: Dinas Penerangan Angkatan Laut

Editor: Agus Suyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 2 =