Papua,reportaseindonesia.id | Satuan Tugas (Satgas) Vaksinasi Covid-19 Papua yang melibatkan Tenaga Kesehatan (Nakes) TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan Nakes Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menyasar masyarakat Papua hingga ke perbatasan timur ujung negeri tepatnya di Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Jayapura, Papua, Rabu (15/9).

Pelaksanaan serbuan vaksinasi dibagi dalam empat titik, yakni Kampung Dukwia, Kampung Yammua, SMA Pembangunan 6 Yapis, dan SMAN 1 Arso dengan mengerahkan 71 Nakes gabungan antara Nakes TNI AL, Nakes IPDN, Puskesmas Arso Barat, Puskesmas Arso Kota, dan Puskesmas Arso III.

Advertisement

Masyarakat di Distrik Arso mendapatkan vaksin jenis Sinovac untuk dosis pertama maupun kedua dengan sasaran yang berdomisili di Kampung Dukwia, Kampung Warbo, Kampung Ifia Fia, Kampung Yaturaharja, Kampung Yammua, Kampung Jaifuri, Kampung Arsopura, Kampung Wiantre dan Kampung Intaimelyan serta kampung disekitarnya.

Tim Satgas juga menyediakan paket sembako untuk menarik antusias masyarakat dalam pelaksanaan vaksin. Peserta vaksin yang terdiri dari anak-anak memadati tempat vaksinasi pada pagi hari, sedangkan untuk orang tua memilih vaksinasi pada siang dan sore hari selepas bekerja dan berkebun.

Jannario Wombaki (41) salah satu peserta vaksinasi di Desa Dukwia yang bekerja sebagai petani mengatakan tertarik untuk datang vaksin karena mendapatkan sembako. “Tadi sa lihat sa pu tetangga ada bawa bingkisan, jadi sa cepat-cepat pulang dari kebun baru langsung kesini,” katanya. (Tadi saya lihat ada tetangga membawa bingkisan, jadi saya langsung kesini pulang dari kebun).

Sementara itu, Kepala Kampung Dukwia Hasyim Bukhori yang meninjau secara langsung pelaksanaan vaksinasi di gedung serbaguna Kampung Dukwia mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan vaksinasi oleh Satgas TNI AL dan IPDN di Kampungnya terutama di Distrik Arso.

BACA JUGA :   Babinsa Koramil 06/Siak Hulu Lakukan Komsos Dengan Petani Jagung

Kehadiran Satgas Vaksinasi TNI AL Papua termasuk KRI dr.Soeharso-990 pada vaksinasi di wilayah Papua ini merupakan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M untuk mendukung kegiatan serbuan vaksinasi dan edukasi maritim wilayah Papua mulai tanggal 13 sampai 20 September 2021 mendatang serta menyukseskan PON XX Papua 2021 sehingga dapat membangun herd immunity bagi masyarakat Papua. (Agus)

Sumber: Dinas Penerangan Angkatan Laut.