TNI AL  

TNI AL Evakuasi Penumpang Kapal Ikan Alami Mati Mesin di Tengah Laut

Jakarta,reportaseindonesia.id |TNI Angkatan Laut (TNI AL) menerjunkan Tim SAR Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Ketapang beserta tim gabungan untuk membantu mengevakuasi para penumpang kapal ikan yang mengalami kerusakan mati mesin ditengah laut sekitar perairan Kuala Pendek, Minggu (27/02).

Kapal tersebut diketahui sedang membawa orang sakit dari Pulau Padang Karimata untuk berobat di Ketapang.

Tim Gabungan yang terdiri dari Pos TNI AL Delta Pawan, SAR, dan Pos Polairud Ketapang menuju lokasi kejadian menggunakan RHIB Basarnas. Setibanya di lokasi, tim gabungan melaksanakan evakuasi terhadap para penumpang kapal ikan Lintang Geranggali yang berjumlah 14 orang terdiri dari 2 awak kapal dan 12 penumpang. Seluruh penumpang merupakan warga dari Pantai Lestari, Desa Padang, Pulau Karimata yang sedang dalam keadaan sakit dan salah satunya mengalami sakit keras.

Setelah melaksanakan penarikan terhadap kapal dan evakuasi seluruh awak serta penumpang yang sakit langsung dibawa ke Dermaga Ketapang. Setibanya di Dermaga SAR Ketapang, Tim medis Lanal Ketapang yang dipimpin oleh Lettu Laut (K) dr. M. Anwar memberikan pertolongan pertama terhadap warga yang sakit kemudian segera mengevakuasi menggunakan Ambulance Lanal Ketapang menuju RSUD Dr. Agoesdjam Ketapang.

Kronologis kejadian yakni kapal mengalami mati mesin total karena adanya patah crankshaft mesin. Salah satu penumpang kemudian berhasil menghubungi dan menginformasikan kejadian yang dialami kepada kantor SAR Ketapang. SAR Ketapang segera meneruskan informasi tersebut ke Lanal Ketapang tentang adanya kapal yang mengalami kerusakan mesin didaerah Perairan Kuala Pendek. Tim gabungan langsung bergerak bersama-sama menuju lokasi untuk melaksanakan penyelamatan.

Kegiatan evakuasi berlangsung aman dan lancar, kerugian materiil maupun personel nihil dan seluruh penumpang kapal yang sakit dapat di evakuasi untuk segera dibawa menuju RSUD Dr. Agoesdjam Ketapang. Kegiatan penyelamatan yang dilakukan oleh prajurit Lanal Ketapang sesuai salah satu poin Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yaitu jaga kepercayaan Negara dan rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

BACA JUGA :   Ladokgi TNI AL R.E. Martadinata Dukung Ipadokgimil Selenggarakan Webinar Internasional 3rd IMDF

Sumber: Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × four =