TNI AL  

Marinir TNI AL Ajari Warga Merauke Buat Minyak dari Buah Kelapa

Papua,reportaseindonesia.id |Prajurit Marinir TNI AL dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XI Merauke mengajarkan warga masyarakat di sekitar Kesatrian cara membuat minyak goreng dari buah kelapa yang dilaksanakan di Kesatrian Anim Ha Yonmarhanlan Xl, Jl. Diko 1 Trans Irian Wasur, Kelurahan Rimba Jaya, Distrik Merauke Kabupaten Merauke, Papua. Sabtu (02/04) lalu.

Kegiatan tersebut ditinjau langsung oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) Xl Merauke Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono bersama Ketua Korcab XI DJA III Ny. Cindy Gatot Mardiyono, didampingi Danyonmarhanlan XI Merauke Mayor Marinir Alfredo Yowel Antaribaba dan Ketua Ranting D Korcab Pasmar 3 Ny. Yati Alfredo Antaribaba.

Ketahanan pangan adalah langkah nyata yang karus dikerjakan untuk pemenuhan bahan pangan secara mandiri yang nantinya akan mendorong peningkatan ketahanan wilayah. Hal ini ditekankan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono pada Rapim TNI 2022 agar dimanapun TNI AL berada harus memberi manfaat kepada rakyat serta cepat tanggap terhadap permasalahan dan kesulitan rakyat.

Menurut Brigjen Gatot Mardiyono memproduksi minyak goreng untuk memenuhi kebutuhan sendiri adalah solusi di tengah meningkatnya harga kebutuhan pokok khususnya minyak goreng. Diharapkan setelah ini masyarakat mampu memanfaatkan buah kelapa yang banyak tersedia di Kabupaten Merauke, sehingga menjadi peluang untuk menghemat perekonomian keluarga dan untuk peningkatan ketahanan pangan serta mewujudkan swasembada pangan nasional.

Selain pelatihan produksi minyak kelapa, di hari yang sama, Yonmarhanlan XI juga melaksanakan panen padi di atas lahan seluas kurang lebih 2 hektar yang ditanami dengan padi jenis beras merah dan padi India yang mampu menghasilkan panen yang cukup tinggi. Selain dikelola dan hasilnya dapat dikonsumsi untuk para prajurit Yonmarhanlan XI juga diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Hal ini dalam rangka mendukung pemerintah dalam program ketahanan pangan.

BACA JUGA :   KRI Dewaruci Menelusuri Jalur Pelayaran Distribusi Rempah 

Di akhir kegiatan Danlantamal XI beserta Ketua Korcab XI DJA III dengan didampingi Danyonmarhanlan XI beserta Ketua Ranting D Korcab Pasmar 3 menebarkan sebanyak 5000 benih ikan nila di kolam ketahanan pangan Yonmarhanlan XI. (Agus)

Sumber: Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

two × 2 =