DAERAH  

Atasi Kelangkaan Minyak Curah, Ridwan Kamil Luncurkan Inovasi Aplikasi Sapa Warga

Depok,reportaseindonesia.id | Dalam rangka meningkatkan perekonomian di wilayah Depok, Pemerintah Kota Depok bersama Provinsi Jawa Barat membangun pasar rakyat di wilayah Sawangan.

Selain itu Gurbernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam kegiatan hari ini meluncurkan inovasi Sapa Warga dalam menghadapi kesulitan mendapatkan minyak goreng curah dengan harga terjangkau

Kadisperindag Jawa Barat, Indra sopiandi dalam kesempatan ini mengatakan pembangunan pasar Sawangan merupakan program mewujudkan visi misi Jawa Barat

“Terkait dengan pembangunan Pasar ini merupakan salah satu program dalam rangka mewujudkan visi misi provinsi Jawa Barat di antaranya adalah pasar juara paling tidak ada dua program yang akan didorong yang pertama yaitu revitalisasi pasar dari target 25 pasar sudah dibangun 21 pasar tinggal 4 pasar lagi, kemudian yang kedua dari SNI dari 10 yang kita targetkan sudh 7 pasar yang ber SNI,” ujar Indra, Jumat (08/04/2022).

Indra juga menjelaskan, Pasar sawangan ini sendiri kita sudah membangun dan membantu melalui bantuan keuangan sebesar 10 miliar melalui dan pemulihan nasional tahun 2021 “Tentunya kami ucapkan terimakasih kepada dinas perdagangan dan perindustrian kota depok yang sudah berhasil membangun di 2021 diluas lahan 3600 meter per segi kemudian sebanyak 49 kios dan 104 los. Alhamdulillah ini pasar baru yang sebelumnya terminal bayangan kemudian menjadi pasar insyaallah menjadi berkah pedagang dn konsumen,” jelasnya.

Selanjutnya tentunya bahan pokok mengalami kenaikan, khususnya fokus minyak goreng yang mengalami kelangkaan, dimana ada dua bagian yaitu kemasan dan curah yang lagi langka adalah minyak curah. Oleh sebab itu pak Gurbernur kita merasa perlu ikhtiar, kita akan meluncurkan program pemesanan minyak goreng curah bersubsidi melalui program alpikasi sapa warga,” tutupnya.

BACA JUGA :   Camat Koto Kampar Hulu Pantau Rumah Warga Tabing yang Terendam Banjir

Ditempat yang sama, Gurbenur Jawa Barat Ridwan Kamil manyampaikan selain meresmikan pasar dirinya juga meluncurkan inovasi untuk membantu masyarakat khususnya ibu-ibu berupa pemesanan minyak goreng yang minyak goreng curah melalui aplikasi

“Sehingga tidak usah ngantri, cukup tunggu di rumah nanti minyak gorengnya diantar dengan biaya antar ditanggung oleh pemerintah provinsi Jawa Barat tetapi untuk tertib cara pemesanan maka dikoordinir oleh RW masing-masing yang sudah punya aplikasinya, nama aplikasinya adalah Sapa Warga,” kata Ridwan.

Gurbernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat meninjau pasar Sawangan

Jadi ini inovasi pertama, masih Ridwan Kamil, mungkin di Indonesia nama judulnya adalah “Pemirsa Budiman” biar gampang diingat pemesanan minyak goreng biasa pak warga untuk ibu di mana-mana khususnya di Jawa Barat. Ini terselenggara karena pemerintah provinsi Jawa Barat punya perusahaan di bidang pangan namanya Agro Jabar dalam masa krisis seperti ini kami tegaskan Argo Jabar untuk mencari sumber-sumber minyak goreng dibagikan kepada rumah-rumah tangga dengan cara senyaman nyamannya karena hari ini hidup kita di zaman digital maka kita maksimalkan pemanfaatan aplikasi digital dalam pemesanannya.

ini juga akan kita jadikan standar untuk produk-produk lain jika terjadi krisis Jadi bukan untuk selamanya walaupun bisa saja, tapi ini sebagai berizin atau jembatan pada saat harga masih fluktuatif atau harganya normal tapi barangnya susah dan lain sebagainya

“Mudah-mudahan rekan-rekan media bisa apa mengapresiasi jadi di aplikasi sapa warga yang dipegang para ketua rw itu tinggal di klik pemesanan minyak goreng alamatnya berapa jumlahnya kan nanti dikirim sehingga kalau rekan-rekan media bisa mempopulerkan ini di Jawa Barat maka ibu-ibu nggak usah ngantri ngantri lagi bawa jerigen bawa apa tunggu di rumah aja, asal Pak RW nya aktif. Makanya tolong setelah ini geruduk RW nya datang untuk bantu masyarakat pesan minyak goreng,” terangnya.

BACA JUGA :   KORPRI Depok Berikan 1000 Paket Bantuan Pangan untuk ASN

Target 1 juta liter, harganya itu 14.000 per liter karena kg lebih banyak dari liter itu harga eceran Rp15.500 tapi kalau per liter itu Rp 14.000 sudah sampai rumah “Yang kedua yang saya ada di panggung tempat pasar yang baru ya mudah-mudahan masyarakat Sawangan Depok bisa aktif memanfaatkan Pasar Baru ini yang 2 lantai dekat dengan Terminal. Pasar ini menjadi pasar kebanggaan jangan semua ke mall tapi pasar tradisional yang bersih nyaman udara sirkulasinya baik dan tentunya itu menjadi kebanggaan,” tutup Ridwan.

Masih ditempat yang sama, Walikota Depok Mohammad Idris menyambut baik bantuan dari Provinsi Jawa Barat

“Ini juga merupakan sebuah solusi dan tidak hanya solusi dalam bidang perekonomian tapi solusi dalam bidang ketertiban di tempat ini yang memang sebelumnya kurang tertib sekarang menjadi tertib, Alhamdulillah Insya Allah dengan berdirinya pasar rakyat Jabar juara ini dengan bantuan dari Gubernur yang tidak sedikit dalam pembangunannya maka harapan kami dari Kota Depok dan kepada seluruh warga masyarakat,” kata Idris.

Tempat ini tidak dijadikan sebagai media atau wasilah kemajuan perekonomian tapi juga karena kita punya visi Depok maju berbudaya Sejahtera maka tempat ini juga harus menampilkan menampakkan sesuatu hal yang berbudaya

“Budaya bersih, budaya rapi, budaya tertib, budaya kesantunan ini juga kita bisa tambahkan tempat pasar rakyat seperti ini. Upaya-upaya dan kerjasama Provinsi Jawa Barat yang pada tahun ini juga yang banyak pembangunan yang dilakukan bantuan Gubernur untuk kota Depok mudah mudahan khususnya tahun depan insyaallah mengajukan beberapa proyek besar antara lain taman hutan kota Depok, kita harapkan bisa dibantu pak Gurbenur karna akan menjadi tempat alternatif keramaian, kedamaian warga Depok bagian barat. Ini terus terang pasar rakyat yang pertama di bagian barat insyaallah akan memeberikan kesetahteraan bagi masyarakat Kota Depok,” terangnya. (Agus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 × 2 =