DAERAH  

Tiga Kali Revitalisasi, Situ Rawa Kalong Tampil Beda

Depok,reportaseindonesia.id|Hari ini Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Walikota Depok Mohammad Idris meresmikan revitalisasi Situ Rawa kalong yang terletak di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jum’at (5/8/2022).

Situ Rawa Kalong keberadaanya saat ini, tampil beda dari tahun sebelumnya apalagi pasca dilakukan revitalisasi wajah situ tersebut terlihat Indah dan menarik kedepannya banyak pihak menilai Situ Rawa Kalong sangat cocok jadi Distinasi wisata dan menjadi kebanggaan Masyakat Kota Depok.

“Setu Rawa Kalong ini fungsi utamanya sebagai irigasi, untuk itu kualitas airnya harus selalu dijaga,” kata Ridwan saat meresmikan didampingi Walikota Depok Mohammad Idris.

Ridwan Kamil menegaskan, Situ Rawa Kalong ini karena melewati daerah yang sangat padat penduduk maka kita harus menjaga kebersihannya.

“Tolong dijaga kebersihan dan ketertiban dari Setu ini agar slalu terawat dengan baik ,” ujarnya.

Orang nomor satu di Jawa Barat tersebut meminta untuk menjaga kebersihan ini kalau ada sampah dikumpulin dulu baru di masukkan ketempat sampah.

Fungsi Setu ini menurut Ridwan Kamil sebagai fungsi lingkungan dan sosial.

Sementara Wali Kota Depok Mohammad Idris menyampaikan, kami warga masyarakat Kota Depok mengucapkan ribuan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat yang begitu atensi, yang begitu perhatian kepada masyarakat Depok.

“Insya Allah Anderpas Dewi Sartika akan selesai tahun ini, Insya Allah di Margonda ada Mesjid Raya juga kolabirasi dari pemerintah kota Depok yang desainnya langsung oleh Pak Gubernur Jawa Barat, begitu pula Inya Allah kita juga kita memiliki Masjid besar di Jatijajar diterminal Jatijajar, yang berkolaborasi dengan NJO dengan beberapa negara di Timur Tengah,” paparnya.

Idris juga mengajak warga masyarakat untuk merawat Setu Rawa Kalong ini.

BACA JUGA :   Babinsa Koramil 15/KK dan Tim Satgas Covid-19 Perketat Pintu masuk Pelabuhan Penyalai

Setu Rawa Kalong yang telah direvitaliasasi ini seiring berjalan dengan pemulihan ekonomi saat terdampak pandemi kemarin. Melalui revitalisasi ini sebagai bentuk upaya konservasi serta pengamanan aset yang ada di sungai Cisadane, disamping pengembang wisata.

Revitalisasi seluas 8,25 hektar sudah dilakukan revitalisasi sebanyak tiga kali, pertama 2019, kemudian 2021 serta 2022.

Dengan adanya revitalisasi ini diharapkan Situ Rawa Kalong menjadi multifungsi, baik itu Destinasi Wisata selain menyediakan air baku, juga fungsi sosial ekonomi.Maka perlu kolaborasi semua pihak dalam rangka memelihara Setu ini yang sudah direvitalisasi,” pungkas Idris.

Bonge yang ikut dalam acara peresmian situ Rawa Kalong menjadi pusat perhatian anak-anak yang ingin berfoto.(Agus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

16 − nine =