TNI AL  

Kasal: Kelola Potensi Konflik Dalam Membangun Kejayaan Maritim Indonesia

Jakarta,reportaseindonesia.id|“Kita harus mampu mengatasi berbagai tantangan saat ini dan ke depan, termasuk potensi konflik yang ada untuk membangun kejayaan maritim Indonesia,” demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono saat membuka acara Seminar Maritim Internasional Tahun 2022 dalam rangka peringatan Ulang Tahun TNI Angkatan Laut Ke-77 di Auditorium Jos Soerdarso, Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal), Cipulir Jakarta Selatan. Selasa (13/09).

Laksamana Yudo menyampaikan selain sebagai agenda akademis Seskoal, melalui seminar ini diharapkan akan lahir sumbangan pemikiran yang inovatif dan solutif terkait dengan pembangunan kejayaan maritim Indonesia, khususnya dalam menghadapi berbagai potensi konflik saat ini dan ke depan, baik pada lingkup nasional, regional maupun global.

Lebih lanjut, Kasal menyampaikan bahwa sebagai bangsa yang sadar akan kodrat dan takdirnya menjadi penghuni negara kepulauan, visi kemaritiman telah menjadi inspirasi serta cita-cita para pemimpin negeri sejak lama. “Tanpa didukung oleh armada laut yang kuat, baik armada perang maupun armada niaga, sebagai generasi penerus seyogyanya kita tidak hanya sekedar bangga dengan sejarah kejayaan masa lalu, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana kita membangun dan membawa kembali kejayaan maritim yang pernah kita capai di masa lampau,” ujarnya.

Kegiatan yang dihadiri oleh para Pejabat Utama Mabesal, Pejabat Kotama TNI AL, para Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Pasis Dikreg) Seskoal Angkatan Ke-60 TA. 2022 dan segenap perwakilan Mahasiswa Perguruan Tinggi di Jakarta ini juga di laksanakan secara virtual dengan pembicara dan narasumber yang membahas sikap Indonesia dalam menghadapi dinamika lingkungan strategis Indo-Pasifik, menghadapi kompetisi hegemoni Cina-AS dan negara-negara yang beraliansi serta dapat memanfaatkan momen tersebut untuk membangun kejayaan maritim yang dibahas dari perspektif akademik dan praktisi.

BACA JUGA :   Kasal : Bertugas ditengah Samudera Harus Didasari Fisik yang Kuat

Sehingga secara umum seminar internasional ini bertujuan untuk mendapatkan kesamaan pola pikir dan saran serta masukan dalam memahami sikap Indonesia menghadapi konflik keamanan regional ditinjau dari kepentingan pertahanan dan ekonomi nasional guna membangun kejayaan maritim. Selain itu dapat memberikan ruang dan waktu bagi praktisi, akademisi, dan pemerintah untuk berdialog saling bertukar informasi serta ide-ide dalam suatu kerangka pemikiran pertahanan dan keamanan sejalan dengan politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif demi kepentingan nasional Indonesia.

Seminar internasional yang mengangkat tema “Menyikapi Konflik Guna Membangun Kejayaan Maritim” ini dilaksanakan dalam bentuk diskusi panel dan webinar menghadirkan keynote speaker Menhan RI Letjen TNI (Purn.) Prabowo Subianto dan Kepala Staf Angkatan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, serta menghadirkan para pembicara dari akademisi dan praktisi. Untuk akademisi Philips J. Vermonte, M.A., Ph.D, Senior Fellow CSIS; Prof. Dr. Anhar Gonggong dari Lemhannas RI; dan Prof. Geoffrey Till, M.A., Ph.D. Sedangkan dari praktisi Andi Widjajanto, S.Sos., MS.c.; Dr. Arif Havas Oegroseno, S.H., M.H.; dan Kakordos Seskoal Laksma TNI Judijanto, S.T., M.A., M.Si.D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 4 =