TNI AL  

KRI REM-331 dengan USS Charleston Laksanakan Passex di Perairan Selat Lombok

Jakarta,reportaseindonesia.id|Menindaklanjuti perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar jajaran prajurit di KRI yang tengah berpatroli dan bertemu kapal asing yang melintas damai di wilayah teritorial Indonesia, untuk melaksanakan Passing Exercise (Passex), KRI REM-331 dengan USS Charleston melaksanakan latihan Passex di Perairan Selat Lombok. Minggu (2/10).

 

Passex merupakan latihan yang dilaksanakan saat kapal angkatan laut negara sahabat masuk dan atau keluar perairan yurisdiksi nasional, hal ini dilakukan secara universal yaitu dilaksanakan oleh kapal angkatan laut negara sahabat menyambut kehadiran KRI saat memasuki perairan negara tersebut.

 

Hal tersebut disampaikan Laksamana Yudo di berbagai kesempatan saat bertemu sejumlah pejabat Angkatan Laut dunia dan disambut positif oleh sejumlah negara, serta telah menyatakan setuju terhadap hal itu.

 

Mengutip laporan Komandan KRI REM-331 Kolonel Laut (P) Nopriadi kepada Asops Pangkoarmada II, pada pukul 15.30 WITA KRI REM-331 RV dengan USS Charleston di posisi 08° 24.9’ S – 115° 56.6’ T & melaksanakan Comms check yang dilanjutkan Serial Flashex.

 

Pelaksanaan serial Flashex berjalan dengan baik dimana KRI REM-331 & USS Charleston berhasil membaca isyarat berita yang diterima masing-masing. Selesai serial Flashex dilanjutkan dengan serial RASAP.

 

Serial RAS Approach dilaksanakan dalam 2 sesi. Diawali sesi 1 oleh KRI REM-331 yang melaksanakan pendekatan di lambung kanan USS Charleston, kemudian dilanjutkan USS Charleston melaksanakan pendekatan ke KRI REM-331 di lambung kiri. Serial RASAP berjalan aman & lancar lalu dilanjutkan Serial Farewell Pass sebagai penutup latihan. Kemudian USS Charleston melanjutkan pelayaran.

 

 

BACA JUGA :   Luar Biasa... Buktikan Keseriusan, TNI AL Kembali Gagalkan Pengiriman 23 PMI Ilegal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one + 12 =