TNI AL  

TNI AL bersama BRI Pastikan Ketersediaan Rupiah di Mentawai

248 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Mentawai, reportaseindonesia.id|TNI Angkatan Laut (TNI AL) mengerahkan KRI Cakalang-852 di bawah Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal II Padang untuk mendistribusikan program Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) Tahun 2024 bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) yang dilaksanakan di 5 titik yakni di Kabupaten Kepulauan Mentawai, yakni Pulau Pagai Selatan, Pulau Pagai Utara, Pulau Sipora, Pulau Siberut (Maileppet), Pulau Siberut (Muara Sikabaluan).

Pada Program ERB Tahun 2024, kegiatan diawali dengan penyaluran bantuan sosial kepada Sekolah MTSN 2 Kepulauan Mentawai, Masjid Raya Al-Furqon, Gereja Protestan Mentawai Sikakap, dan Panti Asuhan Mabolak senilai total Rp. 100.000.000 dan sembako berupa beras, gula, minyak dan mie instan.

Kegiatan selanjutnya yaitu edukasi materi Kebanksentralan dan Cinta Bangga Paham Rupiah kepada para siswa MTSN 2 Kepulauan Mentawai dan SMAN 1 Pagai Utara Selatan, penukaran uang rupiah rusak, lusuh, cacat dan uang pecahan kecil kepada Perbankan (Bank Nagari) dan masyarakat Pulau Pagai Utara, serta Sharing Leadership oleh Lettu Laut (P) Yohanes Aan Dwihatmoko.

Kegiatan ERB ini sebelumnya dilepas langsung oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL Danlantamal II Laksamana Pertama TNI Syufenri S.Sos., M.Si., dan Asisten II Pemprov Sumbar, Arry Yuswandi, S.KM., M.M., serta Kepala cabang BI Sumbar Endang Kurnia Saputra di Dermaga 4 Peti Kemas Pelabuhan Teluk Bayur, Sumatera Barat pekan lalu.

Asisten Operasi (Asops) Kasal, Laksda TNI Yayan Sofyan, M.Si., M.Tr.Opsla dalam amanat tertulis yang dibacakan Danlantamal II Padang mengatakan bahwa Ekspedisi Rupiah Berdaulat ini merupakan bentuk perjanjian kerja sama antara BI dengan TNI AL mengenai pendistribusian, pengamanan, dan pengawalan uang Rupiah dari BI atau perwakilan BI keseluruh wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

BACA JUGA :   Latihan Bersama Terbesar antara TNI AL, US Navy, dan US Marine Corps Mulai Direncanakan

Program ini merupakan bentuk komitmen TNI AL dan BI dalam memastikan ketersediaan uang layak edar di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sehingga masyarakat dapat memanfaatkan ekspedisi ini, karena BI akan melayani penukaran uang tidak layak edar dapat ditukar dengan uang baru berkualitas.

Keterlibatan langsung Lantamal II Padang dalam kegiatan tersebut merupakan implementasi dari perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali kepada seluruh satuan tugas TNI AL dimana pun berada untuk cepat tanggap dengan mengoptimalkan kemampuan untuk mendukung kebijakan pemerintah di wilayah kerjanya sekaligus merupakan dharma bhakti TNI AL kepada rakyat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × four =