DAERAH  

Koramil 01/Bkn Kodim 0313/Kpr Buat Pembibitan Seed Ball

Kampar, reportaseindonesia.id |Pembuatan Seed Ball (Bola Bibit) oleh Koramil 01/Bkn Kodim 0313/KPR DPP Danramil 01/Bkn Mayor inf Masrah melaksanakan pembuatan seed ball (bola bibit) tanaman keras dan pohon buah-buahan, Bangkinang ( 04/072024)

Mayor inf Masrah menyampaikan, bahwa pembuatan seed ball ini diprakarsai oleh Komandan Kodim 0313/KPR Letkol inf Setiawan Hadi Nugroho SH, M.IP. Sebagai penjabaran perintah Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak tentang Program TNI-AD Menyatu Dengan Alam.

“TNI-AD Menyatu Dengan Alam merupakan salah satu program unggulan KASAD dalam mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor. Juga untuk menggalakan gerakan pelestarian lingkungan hidup dengan implementasi nyata melalui gerakan penanaman pohon,” terang Danramil.

Terkait cara pembuatan seed ball, Bati Tuud Peltu Zulfikar menjelaskan pertama yakni mencampur tanah dengan pupuk kompos. Kemudian dibuat menyerupai bola-bola kecil yang di dalamnya sudah diisi dengan bibit tanaman keras dan tanaman buah.

“Seed ball selanjutnya di tanam pada medan ekstrim yang tidak dapat dijangkau oleh manusia seperti lereng gunung, serta jurang dengan cara dilempar atau menggunakan ketapel,” imbuhnya.

Bati Tuud berharap dengan kegiatan pembuatan seed ball ini, Koramil 01/Bkn dapat menanam pohon sebanyak-banyaknya agar dapat bermanfaat bagi anak-cucu di masa mendatang.

“Satu pohon selamatkan dunia. Tanam pohon, tanam kehidupan untuk masa depan,” tegas Bati Tuud.

Untuk diketahui, setiap Koramil ditargetkan paling sedikit membuat 500 seed ball pada hari ini membuat sebanyak 200 dan selanjutnya akan di laksanakan per pos Koramil

Dengan kegiatan pembuatan seed ball (bola bibit) ini, Koramil 01/Bkn dapat menanam pohon sebanyak banyak dan dapat bermanfaat bagi anak cucu kita, “Satu Pohon Selamatkan Dunia“ Tanam Pohon, Tanam Kehidupan “Untuk Masa Depan, tegas Bati Tuud.

BACA JUGA :   Demi Keamanan dan Kelancara, Babinsa Koramil 09/Langgam Dampingi Penyaluran BLT- DD

Sumber: Pendim 0313/KPR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 − 1 =