Kampar,reportaseindonesia.id l Kualitas udara yang semakin memburuk di wilayah kabupaten Kampar, yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), menimbulkan banyaknya keluhan masyarakat terkait gangguan pernafasan yang diakibatkan oleh kabut asap.

Menyikapi kondisi ini, Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Dinas Kesehatan kabupaten Kampar telah menyiagakan seluruh Puskesmas di kabupaten Kampar untuk masyarakat yang terdampak kabut asap dengan gratis.

Advertisement

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kampar, Dedy Sambudi, SKM, M.Kes kepada sejumlah awak media mengatakan, untuk mengantisipasi dan mencegah kondisi kesehatan yg lebih buruk lagi akibat dampak kabut asap yang semakin parah ini, Dinas kesehatan Kabupaten Kampar telah membuka posko kesehatan di 31 Puskesmas, 1 posko di Terminal bangkinang dan 1 Posko di Polres Kampar, serta menyiapkan 33 ruang singgah yang terletak di 31 Puskesmas, 1 ruang singgah di Terminal Bangkinang dan 1 ruang singgah di Aula Dinas kesehatan Kampar. Disamping itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar juga telah menyiapkan ruang singgah/evakuasi di setiap Puskesmas.

“Silahkan datang ke posko kesehatan di puskesmas, bagi masyarakat yang mengalami keluhan gangguan kesehatan akibat kabut asap dan semuanya gratis, kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan posko kesehatan yang sudah disiapkan,” ungkap Dedy Sambudi.

Selanjutnya Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengurangi aktivitas diluar rumah.

“Mengingat kondisi kabut asap yang semakin parah, kami menghimbau masyarakat khususnya ibu hamil, lansia dan anak-anak agar tidak keluar rumah apabila tidak urusan mendesak,” tutupnya.(Edi)

BACA JUGA :   Obyek Wisata Danau Rusa Memakan Korban, Satu Orang Meninggal Dunia