Depok,reportaseindonesia.id | Gempa yang terjadi di wilayah Ambon pada hari Kamis (26/9) yang lalu bermagnitudo 6,5 mengakibatkan duka yang medalam bagi saudara kita di wilayah terdampak, tidak hanya bangunan yang rusak tetapi tidak sedikit korban jiwa akibat gempa tersebut.

Melihat situasi tersebut empat komunitas bergabung menggalang dana untuk para korban terdampak gempa tersebut di Lampu merah Cijago Cisalak, Jalan Raya Bogor. Sabtu (05/10/2019)

Komunitas yang tergabung diantaranya Info Depok, Muda Mudi Asik (MMA), Jaguar Fans Club dan IEA Korwil Depok. Komunitas-komunitas tersebut mendapat suport dari LSM Kapok yang di ketuai Kasno.

Ditemui disela-sela kegiatan pengumpulan dana Ketua LSM Kapok Kasno menyampaikan, Alhamdulillah kami dari LSM Kapok merasa senang dilibatkan langsung dalam penggalangan dana hari ini.

“Kegiatan yang di prakasai Info Depok ini sangat positif sekali, saya harap teman-teman LSM lainnya bisa tergugah tidak hanya bisa mengkritisi kinerja pemerintah tetapi bisa belajar sosial untuk masyarakat,”ujar Kasno.

Dirinya menambahkan, Kami LSM Kapok tetap bekerja di sosial masyarakat apabila ada informasi masyarakat yang membutuhkan kami siap untuk membantu

“Buat teman-teman Info Depok tetap semangat, bisa menjadi inspirasi kepada masyarakat Depok lainnya salah satu bukti pergerakan sosial Info Depok menular ke warga lainnya dan saya secara pribadi mengadakan gerakan sosial kemarin informasinya juga dari Info Depok, pokonya Info Depok sangat dasyat dan luar biasa,”pungkasnya.

Ketua LSM Kapok Kasno sedang menggalang dana bantuan korban gempa

Ditengah kegiatan, salah satu pengemudi yang kebetulan anggota TNI dari Yonhub merasa prihatin tentang musibah bencana yang terjadi di Ambon

“Saya merasa prihatin dengan adanya bencana gempa yang melanda wilayah Ambon kami turut berduka, harapan kami di HUT TNI Ke-74 mengenai bencana di Ambon semoga di daerah terdampak di wilayah tersebut lebih mendapat perhatian, “ucapnya.

BACA JUGA :   Sejahterahkan Anggota, MPC Pemuda Pancasila Kota Depok lakukan MoU dengan BPJS

Adi Suman salah satu perwakian Info Depok saat ditemui di lokasi mengatakan, Kegiatan ini terselanggara berkat giat bersama untuk gempa Ambon antara yayasan cinta duafa, info depok dan beberapa komunitas lainnya di Kota Depok

“Tujuan penggalangan dana ini kebetulan saya perwakilan dari info depok yaitu untuk menjadi relawan disana memberikan trauma hiling plus memberikan distribusi bantuan dari hasil penggalangan dan apa yang sudah kita punya dan cinta duafa,”ujar Adi

Dirinya menjelaskan, Hari Senin ini saya berangkat ke Ambon Insya Allah disana 5-7 hari, perwakilan dari Info Depok saya sendiri, dari Cinta Duafa satu ketuanya pak Bakti lalu dari teman Respect satu orang jadi semuanya 3 orang yang berangkat kesana.

Anggota komunitas melakukan doa bersama sebelum melaksanakan kegiatan

“Harapannya sebenarnya
yang pertama mengurangi beban saudara-saudara kita yang ada di Ambon yang terdampak gempa tersebut karena memang kurang ter ekspose dengan baik menurut saya dibeberapa media dan kebetulan relawan kita juga 1 sudah ada dilokasi bencana, jadi melakukan asesment langsung dan mengirimkan beberapa dokumentasi dan apa-apa saja yang diperlukan disana jadi hingga sampai detik ini aja, sekitar 900 orang yang masih mengungsi di hutan dan di pegunungan mereka belum berani untuk pulang kerumah karena diakibatkan gempa susulan saja sudah sampai 1061 lebih,”pungkasnya.

Kegiatan ini akan berlangsung satu hari ini dimulai pukul 15.30 WIB yang dilakukan puluhan anggota beberapa komunitas. Selain dari dana hari ini penggalangan dana juga dilakukan melalui online melalui beberapa media yang memang dikembangkan dari Info Depok sendiri yaitu Facebook grup Info Depok Fanspage,Instagram dan di wall pribadi masing-masing member Info Depok. (agus)