Dana Bagi Hasil Sawit Dibahas Saat Rapat APPSI

  • Bagikan

Jakarta,reportaseindonesia.id | Pengurus Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) menggelar rapat perdana di Sekretariat APPSI, Gedung Nyi Ageng Serang, kawasan Rasuna Said, Jakarta, Senin (27/01/2020).

Berbagai isu strategis dibahas. Termasuk masalah Dana Bagi Hasil (DBH) Sawit yang menjadi aspirasi sejumlah daerah, utamanya Riau.

Ke depan, masalah DBH Sawit akan dibahas lebih detil dan mendalam agar aspirasi daerah penghasil dapat diakomodir.

Hadir Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution dan sejumlah gubernur lainnya, seperti Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Gubernur Babel Erzaldi Rosman dan pengurus lainnya.

Dalam rapat yang dipimpin langsung Ketum APPSI Anies Baswedan, disepakati sejumlah agenda. Misalnya, dalam waktu dekat jajaran pengurus APPSI periode 2019-2023 akan dilantik dan dikukuhkan oleh Presiden RI di Istana Negara.

Selain itu, segera digelar rapat pengurus yang akan mengangkat sejumlah isu strategis per wilayah, lalu dirumuskan alternatif solusinya.

Berbagai persoalan yang terkait dengan pemerintah pusat, akan dikawal oleh APPSI agar aspirasi-aspirasi dari daerah bisa diakomodir.

“Kita ingin APPSI ini memberikan manfaat bagi seluruh provinsi,” tegas Anies yang didampingi Waketum APPSI Isran Noor yang juga Gubernur Kaltim.

Sementara Wagubri Edy Natar dalam pertemuan itu juga menyinggung soal perusahaan-perusahaan besar di Riau yang kantor pusatnya justru berada di daerah lain. Sehingga pajaknya sama sekali tidak mengalir ke Riau. “Ini juga jadi persoalan di daerah,” tegas mantan Danrem 031 Wirabima itu.

Per tanggal 31 Desember 2019, telah ditetapkan jajaran pengurus Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) untuk masa bakti 2019-2023.

Gubernur DKI Jakarta H Anies Baswedan Ph.D dipercaya sebagai Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum dijabat Dr H Isran Noor, M.Si.

BACA JUGA :   Luar Biasa, Ucapan Diberikan Kepada Karang Taruna Abadi Jaya Dari Ketua Tim Penilai

Sementara Ketua I Bidang Hukum dan Pemerintahan dijabat Gubernur Riau H Syamsuar, M.Si. Ketua II Bidang Ekonomi dan Kesra dijabat Gubernur Jawa Timur Dra Khofifah Indar Parawansa, M.Si dan Ketua III Bidang Provinsi Daerah Kepulauan dijabat Sulawesi Tenggara H Ali Mazi, SH.
Koordinator Wilayah Jawa dijabat Gubernur Jawa Barat Dr H Ridwan Kamil.

Koordinator Wilayah Sumatera Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr H Erzaldi Rosman, SE, MM. Koordinator Wilayah Kalimantan dijabat Gubernur Kalimantan Tengah Drs Ali Baal Masdar, M.Si dan Koordinator Wiayah Indonesia Timur dipercaya Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan.

APPSI merupakan organisasi tempat berkumpulnya para gubernur se-Indonesia. Melalui asosiasi ini para gubernur memperjuangkan kepentingan daerah.

Susunan kepengurusan ini sesuai dengan keputusan formatur kelengkapan dewan pengurus APPSI dengan Nomor: 021/SK/APPSI/XII/2019 tertanggal 30 Desember 2019. (Hargono)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 − 7 =