Mursyiddin Fokus Atasi Karhutla di Kelurahan Teluk Meranti

Pelalawan,reportaseindonesia.id | Seperti diketahui bahwa lahan Gambut sangat rentan dengan kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla) apalagi mengingat jumlah lahan gambut di Kelurahan Teluk Meranti,Kabupaten Pelalawan,Provinsi Riau ini cukup luas.

Untuk itu Pemerintah Kelurahan Teluk Meranti beserta jajaran sangat fokus dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan didaerahnya serta terlebih lagi hampir setiap tahun terjadi kebakaran akibat musim kemarau.

“Sebagai langkah konkrit dalam mengantisipasi Karhutla kita bekerja sama dengan pihak terkait termasuk dengan perusahaan-perusahaan swasta dengan cara melakukan Sosialisasi kepada masyarakat dan mengajukan proposal pembuatan Kanal dilokasi yang rawan terjadi kebakaran,sebut Lurah Teluk Meranti, Mursyiddin, SE menuturkan kepada awak media baru-baru ini .

Dikatakannya, Hasil dari pengajuan ditahun 2019 sudah dibuat Kanal untuk membantu pemadaman api dilahan perkebunan masyarakat melalui Program SMEI dari KLHK (Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan) RI , Dinas Lingkungan Hidup( DLH ) Kabupaten Pelalawan dan Blocking Kanal dari Dinas Perkebunan Pelalawan.

Menurutnya atas dengan adanya program tersebut dan pihaknya juga fokus melakukan pemberdayaan MPA (Masyarakat Peduli Api) dengan melakukan pembinaan pengurus kanal yang ada supaya tidak ada lagi kebakaran.

” Jika api tidak ada maka akan diprogramkan lagi penambahan panjang kanal karena Pemda ( Pemerintah Daerah) belum ada dana.

Terealisasinya pembuatan kanal tersebut selain tersedianya air juga mempermudah para petani sawit untuk mengangkut buah dan bisa menggunakan sampan atau gerobak, tutup Mursyiddin.

Penulis : Syamsul

Editor : Hargono

BACA JUGA :   Dua Orang Staf Puskesmas Terkonfirmasi Positif Covid-19, Puskesmas Koto Kampar Hulu Ditutup Sementara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 × five =