Pelalawan,reportaseindonesia.id | Menindak lanjuti himbauan pemerintah terkait Virus Corona atau Covid- 19 dengan adanya upaya -upaya pencegahan yang mesti dilakukan oleh Pemerintah Desa( Pemdes ) meskipun jauh dari lintasan dan Desa talau tetap peduli serta waspada terhadap Virus yang mematikan tersebut.
Dimulai dari himbauan lewat Spanduk hingga pembentukan tim relawan pencegahan Covid- 19 serta mendirikan Pos Darurat.

Dari pantauan reportaseindonesia.id selasa(7/4/2020) Terlihat tim mulai bekerja mendirikan pos darurat didua pintu masuk Desa Talau dengan peralatan seadanya namun pos darurat tersebut sudah berdiri dan bisa digunakan jika cairan Hand Sanitizer telah tersedia dimana bagi masyarakat yang keluar atau masuk kedesa Talau diwajibkan untuk mencuci tangan ditempat yang telah disediakan oleh tim relawan.

Advertisement

Kepala Dusun 1 Desa Talau, Miro Saputra, S.pd dilokasi kepada awak media mengatakan,Sesuai hasil musyawarah desa yang dipimpin lansung oleh ketua BPD Desa Talau Arisman dimana memutuskan bahwa sudah saatnya pemerintah desa Talau mengambil tindakan pencegahan karena sudah 2 orang warga ibukota Kabupaten Pelalawan yang positif Covid -19 dan artinya Virus ini sudah masuk ke Pelalawan meskipun di ibukota kecamatan kita belum ada yang positif Covid- 19 .

” Kita mesti waspada dan menjaga kesehatan masyarakat kita khususnya desa Talau, ungkapny

Terpisah, Kepala Desa Talau saat dikomfirmasi membenarkan hal tersebut “Memang benar kita sudah bentuk tim dan mendirikan posko darurat yang tujuanya adalah untuk mengajak masyarakat disiplin serta membiasakan hidup bersih.

Untuk saat ini kita pergunakan peralatan seadanya menjelang ditetapkannya APBDES perubahan terkaid Covid- 19 ini dan untuk tim relawan covid- 19 ini kita ambil dari Perangkat Desa,Karang Taruna, BPD, Bidan Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan unsur masyarakat yang bersedia.

BACA JUGA :   Tumpukan Kulit Ekaliptus PT. Arara Abadi Diduga Sumber Utama Menghitamnya Air Sungai Didesa Terantang Manuk

Dan tim ini sudah mulai bergerak dimulai hari rabu besok (8/4/2020)setelah dibekali ilmu serta teknis dari Bidan desa dan Pemdes Talau.

” Kita berharap kepada para pedagang dan tamu yang ingin berkunjung atau berjualan didesa Talau harus mentaati aturan serta ketentuan yang ada sesuai dengan anjuran pemerintah Pusat maupun Daerah,” tutupnya.

Penulis : Arisman

Editor : Hargono