Cak Anton Relakan Warung Bakso untuk Dirikan Dapur Umum

  • Bagikan

Depok,reportaseindonesia.id | Dalam menghadapi wabah Covid-19 yang melanda di wilayah Indonesia khususnya Kota Depok, Anton Sujarwo yang akrab dipanggil Cak Anton Arema merelakan warung bakso nya dirubah menjadi dapur umum.

Dapur umum yang dinamakan dapur warna warni ini dibuat untuk membantu masyarakat dalam hal pangan dibentuk pada tanggal 15 April 2020, memiliki moto “Tidak perlu lihat apa warnamu, mari kita saling berbagi terhadap sesama”.

Kegiatan Cak Anton saat memasak di dapur warna warni

Saat ditemui disela kegiatannya Cak Anton menuturkan awal mula terbentuknya dapur warna warni ini, Dari satu keresahan, awalnya saya buka warung bakso setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan pembatasan jam operasional usaha makanya saya menutup usaha bakso saya

“Saya berfikir alat masak ada tempat juga cukup luas dan bagaimana supaya semua ini bisa bermanfaat untuk masyarakat dalam membantu masyarakat menghadapi wabah corona ini dan saya langsung menghubungi Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna untuk menyampaikan gagasan saya untuk membuka dapur umum guna membantu masyarakat, Alhamdulillah beliau langsung merespon baik dan memberikan bantuan beras dan uang tunai,” ujar Anton. Sabtu (09/05/2020)

Setelah berjalan, saya menghubungi Rudi Samin (pengusaha) dan Novi Anggriani (penggiat kemanusiaan) untuk turut serta berdonasi membantu masyarakat

“Untuk Hamzah ( Anggota DPRD Kota Depok ) datang membawa donasi ke dapur umum warna warni sendiri dan mensuport penuh kegiatan kami, kami sudah 19 hari berjalan dan sudah membagikan 3500 lebih nasi bungkus, kami bagikan ke lingkungan sekitar 130 untuk RW 02 meliputi 6 RT selanjutnya ke 3 yayasan anak yatim piatu 60 tiap hari rutin sisanya teman-teman relawan bagikan ke beberapa tempat yang layak menerima,” ungkap Anton.

Data Laporan pemasukan dari donatur dicatat dan dipajang di dapur umum

Kami memasak bertiga serta di bantu  relawan dari KPC dan Rimbun, saya ingin mengetuk Pemerintah Kota Depok untuk membentuk dapur umum supaya PSBB itu berjalan dengan baik

BACA JUGA :   Pemkot Depok Lakukan MoU Dengan Pemprov Jabar Mengenai Pajak Kendaraan

“Bagaimana kita bisa dirumah kalau perut kita kosong, saya ingin Pemkot membentuk dapur umum tiap RW. Paling tidak peduli dengan dapur umum karena Pemkot memiliki anggaran dan itu sebenarnya tugas Pemerintah membantu masyarakat yang sedang kesusahan, saya pribadi mengkritisi Pemkot, berharap Pemerintah jangan hanya menghimbau tetapi harus berbuat untuk masyarakat dengan membentuk dapur umum lainnya untuk memutus mata rantai Covid-19,” pungkasnya.

Dilain tempat Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mendukung penuh kegiatan dapur warna warni ini

“Pokoknya berbuat terus tanpa melihat hasilnya seperti apa, yang penting dirasakan oleh banyak warga mudah-mudahan ini menjadi karcis sukses buat teman-teman kedepan. Paling tidak dicatat sebagai amal kebaikan, salam untuk semua saya senang sekali kepada Cak Antin dannteman-teman yang begitu semangat salam berbagi, salam sukses,” tutur Pradi.

Pihak Dapur warna warni mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang sudah berpartisipasi dalam membantu masyarakat mengahdapi pandemi Covid-19. (agus)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − 5 =