Desa Se- Kecamatan Koto Kampar Hulu Telah Salurkan BLT -DD Tahap l Tahun 2020

  • Bagikan

Kampar,reportaseindonesia.id | Dua desa diwilayah Kecamatan Koto Kampar hulu,Kabupaten Kampar,Provinsi Riau yakni desa Pongkai dan desa Bandur Picak serahkan dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT-DD) tahap pertama tahun 2020 sebesar Rp.600.000 per kK ( Kepala Keluarga) bagi masyarakat kurang mampu yang terdampak Virus Corona atau Covid-l9,sabtu (23/5/2020).

Diketahui sebelumnya bahwa 4 desa diwilayah koto kampar hulu yakni desa Tanjung, Tabing,Gunung Malelo serta desa Sibiruang sudah terlebih dahulu menyalurkan BLT-DD Tahap pertama tahun 2020 kepada warga yang berhak menerimanya.

Sementara dua desa yang menyerahkan BLT-DD Tahap pertama tahun 2020 pada hari sabtu (23/5/2020) yaitu desa Pongkai serahkan BLT -DD Tahap l Kepada l5 KK dan desa Bandur Picak serahkan BLT- DD Tahap l Kepada l64 KK.

Acara penyerahan dana BLT -DD Tahap pertama tahun 2020 didesa Bandur Picak tersebut dihadiri oleh Camat Koto Kampar Hulu, Ahmad Begab, S.sos ,M.si , Babinsa desa Bandur Picak, Serka Mulyadi, Pendamping desa ,Pendamping Kecamatan ,Kepala Desa Bandur Picak , Rais Asli ,SE ,Sy beserta seluruh jajarannya, Ketua BPD desa Bandur Picak , Abdullah beserta anggota.

Kepala desa Bandur Picak ,Rais Asli ,SE ,Sy dalam sambutannya mengatakan , Pendataan tidak dilakukan oleh seseorang ataupun beberapa orang tetapi berdasarkan hasil kesepakatan bersama, hasil musyawarah bersama dan inilah yang akan kita bagikan kepada masyarakat desa Bandur Picak yang berhak menerimanya, ujar Kades Bandur Picak,Rais Adli,SE ,Sy diawal sambutannya.

Orang nomor satu didesa Bandur Picak ini menjelaskan ,Catatan yang perlu kita bawa pulang adalah masyarakat yang memiliki atau yang masuk datanya di PKH , Rastra ,PT. Pos serta perluasan BPNT tidak akan dapat dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT – DD ) dan yang kedua syarat penerima BLT – DD kriterianya adalah masyarakat kurang mampu atau miskin.

BACA JUGA :   Syahrul Aidi Kumpulkan 5 Balai PUPR di Riau, Evaluasi dan Proyeksi Kegiatan

” Sekali lagi kami tegaskan bahwa masyarakat yang telah memperoleh bantuan PKH,Rastra, PT. Pos dan perluasan BPNT tidak bisa lagi kita masukan ke BLT – DD walaupun orang yang bersangkutan tersebut sangat- sangat miskin karena data dari Dinas Sosial ( Dinsos) itu yang kami terima, tutupnya.

Sementara itu Camat Koto Kampar Hulu,Ahmad Begab,S.sos ,M.si didalam pengarahannya menuturkan ,Kami Camat Koto Kampar Hulu menyampaikan bahwasanya hari ini adalah pembagian BLT – DD dimana BLT – DD bersumber dari Dana Desa yang dipergunakan untuk masyarakat desa serta dipertanggung jawabkan oleh kepala desa, BPD dan struktur lainnya didesa.

“Jadi disini kami sampaikan dan apabila terjadi nanti pembagian dibanding – bandingkan dengan di PT. Pos atau dibandingkan dengan yang lain serta ini otomatis tidak bisa karena ini merupakan tanggung jawab oleh kepala desa bersama yang lainnya, tutur Ahmad Begab.

Camat Koto Kampar Hulu ini menambahkan , Kami sampaikan juga bahwa dikantor pos itu merupakan data yang dipergunakan oleh pemerintah kita itu tahun 20l5 dan sedangkan BPNT ( Bantuan Pangan Non Tunai ) data bulan kemarin atau semalam.

Maka dari itu kami sampaikan bahwa Bantuan Langsung Tunai ini memang orang- orang yang wajib menerima dan BLT ini merupakan Bantuan Langsung Tunai dari desa selama 3 bulan.

” Untuk kita ketahui bersama desa dikecamatan koto kampar hulu yang telah melakukan pembagian BLT-DD tahap kedua adalah desa Tabing dan desa Gunung Malelo ini hari, jelasnya.

Jangan coba – coba menerima bantuan double atau jangan coba – coba menerima dua kali karena kami akan tahu seperti contohnya bapak,ibu sudah menerima PKH atau BPNT serta menerima lagi Bantuan Langsung Tunai dan kalau kedapatan artinya bapak,ibu telah korupsi.

BACA JUGA :   Komitmen Peningkatan Kota Layak Anak di Puncak Hari Anak Nasional Tahun 2019 Tingkat Kota Depok

Sehingga kami berharap kepada masyarakat Bandur Picak tolong kita menjaga diri kita dan seandainya bapak- bapak, ibu- ibu tidak mengerti tentang apa bantuan yang tak dapat jangan bertanya kepada tetangga tetapi bertanyalah kepada aparat desa.

” Jangan gara- gara dapat bantuan ini kita bertengkar dan sebelum ada bantuan kita tidak bertengkar dan harapan kami kepada masyarakat Bandur Picak tolong dijaga keamanan kita,harap Ahmad Begab.

Usai penyampaian arahan dan Acara dilanjutkan penyerahan BLT- DD secara simbolis oleh Camat Koto Kampar Hulu serta Kades Bandur Picak kepada warga yang berhak menerimanya.

Penulis : Hargono

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 4 =