Kampar,reportaseindonesia.id | Kepala Desa Gunung Bungsu,Ns.Dedi Putera,S.Kep adakan Pemutasian atau Penyegaran jabatan 5 orang perangkat desa dan sekaligus dikukuhkan ,bertempat digedung serba guna desa Gunung Bungsu,Kecamatan XIII Koto Kampar,Kabupaten Kampar,Provinsi Riau, jumat pagi ( 12 /6/2020).

Adapun 5 Perangkat desa yang dimutasi jabatannya adalah sebagai berikut :
1.Hamdani ,S.Sy dari jabatan lama KAUR ( Kepala Urusan ) Keuangan ke jabatan baru Sekretaris Desa ( Sekdes ) dimasa Sekdes yang lama atas nama Sadli status PNS sejak tertanggal 13 Mei 2020 telah diadakan pemindahan PNS ( Pegawai Negeri Sipil ) ke tempat tugas baru sebagai pelaksana pada kantor Lurah Batu Bersurat.

Advertisement

2. Abdurrahman,S.T , jabatan lama Kasi ( Kepala Seksi ) Pemerintahan kejabatan baru Kaur Keuangan.

3. Ramza dari jabatan lama Kaur Perencanaan kejabatan baru Kasi Pemerintahan.

4. Harianto,A.Md ,dari jabatan lama Kasi Pelayanan kejabatan baru Kasi Kesejahteraan.

5. Idris Salam ,dari jabatan lama Kasi Kesejahteraan kejabatan baru Kasi Pelayanan.

Hadir pada acara tersebut, Camat XIII Koto Kampar, Rahmat Fajri, SSTP, M.si ,Kades Gunung Bungsu,Ns. Dedi Putera,S.kep beserta seluruh jajarannya, Ketua BPD ( Badan Permusyawaratan Desa ) beserta anggota, Ketua LPM( Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ) beserta anggota, Pendamping desa,tokoh Adat, tokoh Agama, tokoh Pemuda,Tokoh wanita dan tokoh masyarakat setempat.

Camat XIII Koto Kampar dalam sambutannya mengatakan, Ini merupakan proses pemerintahan yang dilalui dimana amanat undang- undang peraturan menyebutkan bahwa kepala desa ( Kades ) dapat mengalih tugaskan atau mutasi dari jabatan satu kejabatan lainnya dan itu diperbolehkan dengan melalui rekomendasi serta konsultasi kepada camat.

Hal ini dilakukan tentunya ada pertimbangan dan apakah itu namanya penyegaran, apakah itu mencari kompetensi yang tepat untuk jabatan tersebut,ujar Camat XIII Koto Kampar,Rahmat Fajri,SSTP,M.si diawal sambutannya.

BACA JUGA :   Perwakilan BPD Dusun V Batas Bandur Picak Respon Positif Hadirnya Proyek Pembangunan Rigit Beton Didaerahnya

Rahmat Fajri melanjutkan, Inilah terjadi mutasi jabatan didesa kita dimana saat ini ada 5 orang perangkat desa yang dimutasi dan kami berharap kepada perangkat desa yang dimutasi untuk dapat belajar Tupoksi barunya agar di Print nanti tupoksi yang baru itu segera dipelajari serta beradaptasilah dengan cepat.

Awalnya kita ini dengan terjadinya kekosongan jabatan Sekdes dimana Sekdes atau bapak Sadli kami mutasikan ke kantor Lurah Batu Bersurat dan dengan kokosongan tersebut kepala desa pun ingin memilih sekdes tetapi pemilihan sekdes itu ada 2 Point dimana yang pertama dengan cara Penjaringan/ Penyaringan atau dengan Mutasi.

” Langkah yang diambil oleh kepala desa itu adalah melalui mutasi serta pengisian sekdes tersebut diisi oleh bapak Hamdani dan masih ada satu jabatan lagi yang masih kosong adalah Kaur Perencanaan sehingga kami berharap nantinya jangan terlalu lama- lama jabatan Kuar Perencanaan mengalami kekosongan,harap camat XIII Koto Kampar ini.

Orang nomor satu dikecamatan XIII Koto Kampar ini menambahkan,Kepala desa segera cari yang namanya Tim Penjaringan untuk menjaring serta menyaring yang namanya kaur perencanaan dan kenapa karena Kaur Perencanaan merupakan kaur penting sebab termasuk tim penyusun Apbdes.

Jadi harapan kami nanti kepada pak kades serta setelah ini nanti coba dicari tim penjaringan dan tim penjaringan itu paling sedikit 3 orang serta paling banyak 5 orang dimana didalam tim penjaringan itu ada unsur pihak kecamatan sebagai kontrol.

” Kami dari pihak kecamatan merasa bangga kepada desa Gunung Bungsu yang mau belajar dan juga mau terbuka atau transparan kepada masyarakatnya serta juga bersatu antara BPD dengan kepala desa karena banyak desa yang BPD dengan kepala desanya tidak akur tetapi alhamdulillah didesa Gunung Bungsu bisa akur sekaligus bisa sejalan untuk membangun yang namanya desa Gunung Bungsu.

BACA JUGA :   Karyawan PT. Padasa Kokar Mogok Kerja Tak Berkesudahan Membuat Kehidupan Mereka Semakin Sulit

” Selamat kepada perangkat yang baru dimutasi karena ini amanah serta berikan pelayanan kepada mereka agar jangan beda- bedakan ini keluarga dan ini lawan politik supaya kita samakan semuanya sebab masyarakat kita tidak semuanya serjana, tutupnya.

Ditempat yang sama Kades Gunung Bungsu,Ns. Dedi Putera,S.kep dalam penyampaian menuturkan , Satu rangkaian acara telah kita lewati dimana tadi kita telah melewati acara pengukuhan perangkat desa Gunung Bungsu yang alhamdulillah dihadiri oleh bapak camat kita dan selanjutnya kita lanjutkan dengan pembentukan panitia ataupun tim penjaringan perangkat desa yang kosong serta untuk kita ketahui yang kosong adalah Kaur Perencanaan, sebut kades gunung bungsu,Ns. Dedi Putera ,S.kep diawal penyampaiannya.

Lebih lanjut dikatakan Dedi Putera , Berpedoman ataupun berkonsultasi dengan pemerintah kecamatan berhubung perangkat ini yang akan kita cari cuma satu, maka untuk mencari tim panitia penjaringan kita ambil sebanyak 5 orang anggota dimana 1 dari pihak kecamatan dan 4 dari desa yaitu Sekdes,1 dari perwakilan LPM,1 dari perwakilan Pemuda serta 1 dari perwakilan perempuan.

” Anjuran bapak camat tadi bahwa saudara Sekdes otomatis menjadi ketua panitia penjaringan dan sekretaris itu bisa kita tentukan bersama,imbuhnya.

Penulis : Hargono