Kampar,reportaseindonesia.id | Camat Koto Kampar Hulu, Ahmad Begab, S.sos ,M.si secara resmi membuka seleksi calon perangkat desa Sibiruang tahun 2020,bertempat dikantor desa Sibiruang,Kecamatan Koto Kampar Hulu,Kabupaten Kampar,Provinsi Riau, rabu pagi (15/7/2020).

Hadir pada acara tersebut, Camat Koto Kampar Hulu,Ahmad Begab,S.sos ,Msi dengan didampingi Sekcam, Herman,SP, M.si , Kasi Pemerintahan ( Kasipem) Kecamatan , Kepala desa Sibiruang, Dodi Chandra, SE , PLT. Sekdes Sibiruang, Indra Yani beserta seluruh perangkatnya, ketua BPD desa Sibiruang , Hefrizal, Ketua Panitia Penjaringan, Elpendri ,SH ,Sekretaris ,Hamzah Baharudin , S.pd ,M.si dan 7 orang peserta yang mengikuti seleksi calon perangkat desa Sibiruang tahun 2020 serta Ninik Mamak.

Advertisement

Diketahui, Peserta yang mengikuti seleksi calon perangkat desa Sibiruang tahun 2020 tersebut diikuti sebanyak 7 orang peserta dan diantaranya adalah sebagai berikut:

1.Sekdes ( Sekretaris Desa ) sebanyak 3 orang peserta.

2. Kasi Kesra sebanyak 3 orang peserta.

3. Kepala Dusun ( Kadus ) sebanyak 1 orang peserta dengan melawan kotak kosong dan wajib mendapatkan nilai 51 persen baru dinyatakan lulus dalam seleksi.

” Pagi ini kami dari pihak kecamatan mengadakan acara pembukaan seleksi penerimaan perangkat desa Sibiruang yang terdiri dari, Sekdes ( Sekretaris Desa ), Kasi Kesra ( Kepala Seksi Kesejahteraan ) dan Kepala Dusun ( Kadus ) IV Pilar , dimana peserta kita pagi ini yang mengikuti seleksi yaitu Sekdes sebanyak 3 orang peserta , Kasi Kesra sebanyak 3 orang serta Kadus 1 orang, ujar Camat Koto Kampar Hulu,Ahmad Begab,S.sos ,M.si menuturkan kepada reportaseindonesia.id.

Orang nomor satu dikecamatan koto kampar hulu ini menambahkan, Kapala dusun satu orang ini kami titik beratkan semalam bahwa beliau ini harus mencapai nilai diatas 51 persen karena apabila beliau tidak mencapai nilai 51 persen dan kami anggap gagal sehingga harus dibuka pencalonan atau pendaftaran baru khusus untuk kepala dusun karena beliau boleh dikatakan melawan kotak kosong dimana kotak kosong itu kami beri nila poini 50 dan apabila beliau tidak mencapai akan kita ulang lagi

BACA JUGA :   Bentuk Kepedulian, Ahmad Begab Jenguk Warga Koto Kampar Hulu yang Sakit Menahun

” Dapat juga kami sampaikan untuk tahap awal hari ini kita melakukan ujian yang pertama adalah ujian Administrasi sebanyak 45 soal dengan dikasih waktu 60 menit dan setelah ujian 60 menit nanti langsung kita nilai didepan mereka atau peserta dengan disaksikan oleh perangkat desa,Ninik Mamak serta yang lainnya.

Diseleksi ini kita tidak main- main karena kita membutuhkan orang yang layak untuk bekerja, orang yang mempunyai Kredibilitas yang tinggi, punya potensi yang tinggi sehingga nanti kedepannya perangkat desa ini memang orang- orang yang Jenius yang bekerja dimana perangkat desa Sibiruang yang bekerja hampir semuanya Serjana atau tingkat pendidikannya S1, tegas Ahmad Begab.

Lebih lanjut dikatakan Ahmad Begab , Setelah ujian 60 menit dan kita istirahat selama 15 menit serta kita masuk test Komputer dimana test Komputer point Administrasinya nilainya 35 , Komputer 35 ,Wawancara 15, pidato nilainya 15 plus sehingga hasilnya 100 persen.

” Sistem nilai yang lain kita sistem gugur dan apabila hari ini ikut ujian tertulis, ikut ujian komputer, lalu kita gabungkan serta kita cari 2 yang tertinggi dimana 2 yang tertinggi itu yang akan maju untuk wawancara dan pidato besok.

Hari besok setelah selesai acara dimana kita akan langsung kasih nilai dan nanti pihak desa hanya mengusulkan satu nama yang terbaik kepihak kecamatan sehingga pihak kecamatan hanya menetapkan,urainya.

Ditambahkannya ,Hasil sepenuhnya dilakukan dipanitia serta didesa sehingga hasilnya lebih objektif dan kami pihak kecamatan mengucapkan sangat berterima kasih kepada desa Sibiruang sudah melakukan tahap demi tahap yang mana ini merupakan pekerjaan yang luar biasa sehingga pada hari ini dapat kita saksikan bersama.

“Semoga ujian ini berjalan sebagaimana mestinya maupun sebagaimana yang kita harapkan dan kedepannya mungkin kami dari pihak kecamatan akan melakukan seleksi atau penjaringan perangkat desa didesa Pongkai serta selanjutnya desa Bandur Picak, pangkasnya .

BACA JUGA :   Tim Verifikasi Faktual Penataan Desa Kab.Kampar 2020 Turun Kedesa Gunung Malelo

Penulis : Hargono