Ahmad Begab,S.sos,M.si Lantik dan Kukuhkan Jabatan Perangkat Desa Sibiruang

Kampar,reportaseindonesia.id | Camat Koto Kampar Hulu, Ahmad Begab ,S.sos ,M.si melantik dan mengkukuhkan jabatan perangkat desa Sibiruang, bertempat dilos pasar desa Sibiruang ,Kecamatan Koto Kampar Hulu ,Kabupaten Kampar,Provinsi Riau, senin siang (10 /8/2020).

Diketahui, Yang dilantik oleh Camat Koto Kampar Hulu adalah Sekdes ( Sekretaris Desa) , Rano Sutra, S.kom, Kasi Kesejahteraan,Kadus ( Kepala Dusun ) IV desa Sibiruang dan yang dikukuhkan sebanyak 8 orang dimulai dari Kaur,Kasi hingga Kepala Dusun.

Tampak hadir pada acara tersebut Camat Koto Kampar Hulu ,Ahmad Begab ,S.sos ,M.si beserta Staf dan jajarannya, Kapolsek XIII Koto Kampar diwakili oleh wakapolsek XIII Koto Kampar,IPDA Firdaus, Kepala KUA Koto Kampar Hulu,Ahmad Nur Al Islami, S.Hi , Kades Sibiruang,Dodi Candra,SE ,Ketua TP.PKK desa Sibiruang beserta pengurusnya, Ketua BPD beserta anggotanya, Ketua LPM , Elpendri ,SH beserta anggota, Datuok Besar Kenagarian desa Sibiruang ,Rasdinal , Imam Besar Kenagarian desa Sibiruang ,H. Dahlius ( H. Buyung ) dan tokoh masyarakat setempat.

Kepala desa Sibiruang,Dodi Candra ,SE dalam sambutannya menuturkan , Puji beserta Syukur kehadirat Allah SWT yang mana telah memberikan kita Taufik, Hidayah,Karunia dan juga Nikmat kesehatan sehingga pada siang yang berbahagia ini kita bisa berkumpul dilos pasar serbaguna ini dalam rangka acara pelantikan sekaligus pengukuhan perangkat desa Sibiruang, ucap kepala desa Sibiruang,Dodi Candra,SE diawal sambutannya.

Dodi Candra menambahkan, Baiklah pada kesempatan yang berbahagia ini tentunya kami dari pemerintah desa ( Pemdes ) mengucapkan terima kasih yang tiada terhingga kepada pihak kecamatan dan kemudian juga kepada panitia penjaringan perangkat desa yang sudah bekerja keras dalam menjalankan proses penjaringan serta pemilihan.

” Sehingga kita sudah dapat menentukan dan menghasilkan para perangkat desa yang tentunya sesuai kemampuan serta kapasitasnya masing- masing ,ungkapnya.

BACA JUGA :   Babinsa Koramil 04/Pkl Kuras Dampingi Petugas Puskesmas Dalam Penyuntikan Vaksin Covid -19

Penjaringan perangkat desa ini, lanjutnya , Tentunya sudah dilalui berdasarkan prosedur yang berlaku dan ini murni sesuai dengan kemampuan para perangkat desa yang dilantik sore ini .

” Jadi tidak ada Intervensi dari siapa pun dan itu sudah sesuai dengan kemampuan serta kapasitas yang dimiliki oleh para perangkat desa karena ini merupakan melalui tes dan penjaringan, jelas Dodi Candra.

Dodi Candra berharap kepada perangkat desa yang akan dilantik maupun yang dikukuhkan supaya dapat menjalani dan mengikuti setiap aturan serta Regulasi yang ada dipemerintahan yaitu berdasarkan tata kelola desa.

” Sama- sama kita ketahui bahwasanya yang akan dilantik pada siang ini yaitu yang pertama adalah Sekdes , Kasi Kesejahteraan dan yang ketiga Kepala Dusun ( Kadus ) IV serta kemudian perangkat desa yang lama semuanya akan dikukuhkan pada siang ini.

Yang terakhir yaitu ucapan kami kepada perangkat desa yang akan dilantik serta kami mengucapkan selamat kepada seluruh perangkat desa atau calon perangkat desa yang akan dilantik dan dikukuhkan .

” Semoga amanah dan marilah kita nanti melayani masyarakat secara ramah serta pelayanan yang baik terhadap masyarakat desa Sibiruang, ajak Dodi Candra.

Sementara itu Camat Koto Kampar Hulu,Ahmad Begab ,S.sos ,M.si pada arahannya mengatakan, Dalam pelantikan dan pengukuhan ini yaitu berdasarkan Peraturan Daerah ( Perda ) nomor 12 tahun 2017 tentang pemberhentian perangkat desa dan ini kami titip beratkan kepada perangkat desa yang telah dilantik supaya kita ketahui bersama dalam Bab 9, pemberhentian perangkat desa bagian kesatu pasal 28 bahwa kepala desa memberhentikan perangkat desa setelah berkonsultasi dengan camat.

Perangkat desa yang diberhentikan karena yang pertama meninggal dunia , yang kedua permintaan sendiri dan yang ketiga diberhentikan, ujar Camat Koto Kampar Hulu ,Ahmad Begab ,S.sos ,M.si diawal arahannya.

BACA JUGA :   Sambut Hari Kemerdekaan, Makoramil 03/Sukmajaya Dihias Bendera Merah Putih

Orang nomor satu dikecamatan koto kampar hulu ini melanjutkan , Pemberhentian perangkatnya desa sebagai mana dimaksud pada ayat 2, Huruf A dan Huruf B ditetapkan dengan keputusan kepala desa serta disampaikan kepada camat paling lambat 14 hari setelah ditetapkan.

Selanjutnya larangan dan larangan berdasarkan Bab 9 pada Pasal 27 dimana perangkat desa dilarang :

1. Merugikan kepentingan umum.

2. Membuat keputusan yang menguntungkan diri sendiri, anggota , keluarga , pihak lain atau golongan tertentu.

3. Menyalah gunakan wewenang ,tugas, kewajiban dan haknya.

4. Melakukan tindakan Distinatif terhadap warga golongan masyarakat tertentu.

5. Melakukan tindakan meresahkan sekelompok masyarakat desa.

6.Melakukan tindakan Makar atau tindakan keamanan negara.

7. Melakukan Korupsi dan Kolusi.

8. Menjadi pengurus Partai Politik.

9. Menjadi anggota atau pengurus Organisasi terlarang.

10. Merangkap jabatan sebagai ketua Lembaga yang lainnnya.

11. Ikut serta atau terlibat dalam Kampanye pemilihan kepala daerah.

12. Melanggar sumpah dan janji jabatan .

13. Meninggalkan tugas selama 60 hari kerja berturut- turut tanpa alasan yang jelas dan tidak dapat dipertanggung jawabkan.

14. Melakukan perbuatan yang bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang- undangan yang berlaku dengan Norma yang hidup dan berkembang dalam masyarakat serta melakukan perbuatan lain yang dapat menghilangkan kepercayaan masyarakat.

15. Memiliki ikatan kerja baik dengan instansi Swasta maupun instansi Pemerintah.

” Dalam hal perangkat desa melakukan pelanggaran sebagaimana yang dimaksud diatas akan dikenakan Sangsi berupa teguran tertulis oleh kepala desa dan teguran tertulis sebagaimana dimaksud pada ayat 2 dilakukan paling banyak 3 kali pada larangan yang sama.

Teguran sebagaimana dimaksud pada ayat 2 diberikan tanggung jawab waktu atau rentang waktu, pertama teguran selama 20 hari yang selanjutnya teguran kedua dan ketiga selama 20 hari.

BACA JUGA :   Sediakan Miras!! Usai Dirazia Petugas, Cafe Losari Beach Nekat Buka

“Ini merupakan larangan yang harus saudara- saudari ingat,” tegas Ahmad Begab.

Lebih lanjut dikatakan Ahmad Begab , Selanjutnya mengenai kewajiban dimana kewajiban saudara harus jelas ,Tupoksi saudara apa atau seperti yang dikatakan bapak kepala desa tadi Komitmennya seperti apa awalnya.

Harapan kami kepada masyarakat Sibiruang dan kalau memang ada kendala dilapangan besok atau ada yang tidak paham atau ada yang tidak enak atau apa namanya.

” Silahkan berkonsultasi kepada panitia, Kepala desa dan kecamatan, namun selama ini penjaringan didesa Sibiruang kami telah mengikuti Prosedur serta perundang- undangan yang berlaku dinegara kita,” tutupnya.

Penulis : Hargono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

seven + 14 =