Depok,reportaseindonesia.id | Dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 relawan Gerakan Anti Covid 19 pada Minggu(18/10) melakukan kegiatan edukasi pencegahan Covid 19 di pertigaan Tugu Gong Si Bolong di Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji.

Dewan Penasehat Gerakan Anti Covid 19 Anton Arema atau yang biasa disapa Cak Anton kepada wartawan mengatakan kegiatan edukasi pencegahan Covid 19 dilakukan setiap minggu.

“Untuk minggu ini ada dua titik kegiatan pertama di perempatan Gong Si Bolong Tanah Baru dan perempatan Kukusan, Beji,”katanya.

Kegiatan yang dilakukan berupa edukasi terhadap masyarakat tentang penggunaan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M).

Dia mengatakan saat melakukan kegiatan tersebut masih ada warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan salah satunya tidak menggunakan masker saat di luar rumah.

“Banyak kesadaran warga menurut, kita Gerakan Anti Covid 19 Kota Depok selalu mengingatkan dan membagi masker buat warga yang tidak pakai masker hari ini 300 masker habis dalam tiga jam di dua lokasi,”katanya.

Anton Arema menambahkan, biasanya kegiatan edukasi pencegahan Covid 19 disertai penyemprotan disinfektan, dan juga membantu warga yg terpapar dengan mendorong ke Gugus Tugas.

“Karena kami hanya relawan yang tidak ada subsidi dari manapun, jadi kami berperan dengan kepedulian dan kemampuan yang terbatas,”katanya.

Pihaknya terus mendorong dan berpartisipasi aktif dalam edukasi agar penyebaran COVID-19 bisa diminimalisir.

Hal tersebut sejalan dengan upaya Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Bidang Perubahan Perilaku yang menekankan kampanye edukasi perubahan perilaku di masa adaptasi kebiasaan baru perlu terus disampaikan dengan menekankan pada penggunaan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M).

“Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M) sangat berguna. Kita menurunkan risiko sampai dengan 85% dengan tiga hal ini,” ujarnya.

BACA JUGA :   Masuk 10 Besar, Tim Juri Karang Taruna Sambangi Sukmajaya

Di lokasi sama, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok Rezky M Noor menambahkan kegiatan pembagian masker dan edukasi pemutusan penyebaran COVID-19 dilakukan dinilai bermanfaat.

“Kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi semua pihak untuk kegiatan hari ini, sebagai bukti nyata kepedulian kita bersama dalam mencegah penularan virus,” katanya.

Menurut dia, mencermati dan berfikir fungsi edukasi sangatlah penting dalam mencegah penyebaran COVID-19, karena semakin lama semakin meningkat kasus terkonfirmasi positif COVID-19 yang terjadi di Kota Depok

Tentunya ini perlu bantuan dan peran dari semua pihak, karena kalau hanya fokus mitigasi itu sangat sulit, jadi sangat penting memfungsikan edukasi agar ada pemahaman dan melahirkan kesadaran serta kepedulian masyarakat dalam pencegahan penularan virus.

Fungsi edukasi dimaksud adalah tata cara untuk pencegahan COVID-19, dengan mulai sering cuci tangan dengan air sabun, menjaga jarak, menggunakan masker bila keluar rumah, lebih-lebih di pasar, menjaga keseimbangan gizi serta dengan rajin berolahraga, ditekankan pula selalu menjaga kebersihan di lingkungan.

Penulis: Agus Suyono