Pelalawan, reportaseindonesia.id | Babinsa dan bhabinkamtibmas terus berupaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayahnya, salah satunya dengan melakukan pemetaan dan patroli terpadu.

Seperti halnya yang dilakukan Babinsa Koramil 04/Pkl Kuras Kodim 0313/Kpr Serma Burhanuddin Dan Bhabinkamtibmas Polsek Ukui bersama , Manggala Agni dan masyarakat peduli api yang melakukan patroli terpadu di kawasan Hutan TNTN Desa Lubuk kembang Bunga Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan(14/10/21).

Advertisement

Patroli tersebut menjelajahi hutan maupun lahan yang telah dipetakan sebagai lokasi berpotensi karhutla, dengan menandainya menggunakan bendera, yang berwarna diantaranya merah (berbahaya), kuning (waspada) dan hijau (siaga).

“Beberapa lahan yang rawan kami tandai dengan bendera kuning, hal tersebut berdasarkan kondisi tanah dan banyaknya tumbuhan kering yang sangat mudah terbakar serta dapat merambat ke sekitarannya,” ungkap Babinsa Serma Burhanuddin.

Dirinya menambahkan, patroli tersebut juga bertujuan untuk memantau dan mengingatkan masyarakat sekitar agar tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu munculnya titik api di kawasan lahan berpotensi karhutla tersebut.

“Mari cegah terjadinya karhutla agar tidak memperparah kondisi saat ini dimasa Pandemi Covid-19, demi kondisi kesehatan dan keselamatan diri kita sendiri dan keluarga,” imbaunya kepada masyarakat.

Sumber : Pendim 0313/ KPR

BACA JUGA :   Kuliner Khas Kampar "Lopek Bugi" Raih Rekor Muri Pekanbaru- Kuliner Khas