DAERAH  

Karhutla di Kabupaten Rokan Hulu Tercatat 80 Hektar, Petugas Gabungan Segel Lokasi

Rokan Hulu, reportaseindonesia.id |Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Suka Maju Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu sejak Sabtu (9/7/2022), tercatat sudah mencapai 80 hektare.

Kapolsek Rambah Iptu Syafruddin, SH menjelaskan, saat ini tim gabungan yang terdiri dari TNI Polri dan BPBD Rohul telah berhasil melakukan pemadaman dan pendinginan dengan cara manual.

‘Dapat kami laporkan dari lapangan, saat ini kondisi api telah padam. Langkah-langkah yang kami lakukan melakukan pendinginan dan pemadaman, jelas Iptu Syafruddin dilokasi Karlahut, Selasa (12/7/2022).

Dia mengatakan, luas lahan yang terbakar di perkirakan lebih kurang 80 hektare dengan kondisi alam perbukitan.

‘Luas lahan yang terbakar lebih kurang 80 hektar di daerah perbukitan, katanya.

Iptu Syafruddin menghimbau kepada masyarakat tempatan, apabila ingin membuka lahan atau berkebun, hindari dengan polo-pola dengan cara membakar, karena sangat berbahaya baik untuk lingkungan maupun kesehatan.

Sementara itu, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Serda Dedy Nofery Samosir mengatakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan adalah tanggung jawab bersama dan bukan hanya tugas aparat TNI Polri dan BPBD.

Dia pun mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam menjaga kelestarian hutan.

‘Masyarakat kita ajak berperan aktif untuk mencegah Karhutla, mari secara bersama kita cegah Karhutla di Kabupaten Rokan Hulu, tutupnya.

Sebelumnya, petugas gabungan TNI Polri bersama BPBD Rohul telah melakukan pemadaman dan pendinginan Karlahut. Saat ini, di atas lahan itu petugas telah memasang plang pemberitahuan bahwa areal tersebut dalam penyidikan Polsek Rambah.

Sumber : Pendim 0313/ KPR

BACA JUGA :   Danramil 01/Bkn Menjadi Irup Upacara Bendera di Pondok Pesantren Darun Nahdho

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 5 =