Kembali Dipercaya BPP HIPMI, Carly Ingin Perkuat Sinergi Pariwisata dan Ekraf

Jakarta, reportaseindonesia.id | Sebanyak 239 pengurus DPP HIPMI masa bhakti 2022-2025 yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia resmi sudah dilantik, Senin (20/02/2023).

Acara yang dihadiri Presiden Joko Widodo dan beberapa Menteri berlangsung dengan lancar. Salah satu pengurus yang dilantik merupakan pengusaha muda berdomisili di Kota Depok.

Presiden Jokowi mengapresiasi kepengurusan HIPMI yang mengakomodasi pengurus secara merata dari Sabang sampai Merauke.

“Ada dari Papua, ada dari Aceh, ada semuanya, senang kita. Ya inilah negara kita, ini negara besar, sekali lagi ini negara besar,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Presiden turut memberikan tanggapan terkait jumlah pengurus BPP HIPMI Masa Bakti 2022-2025 yang mencapai 239 orang. Menurut Presiden, hal tersebut sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 282 juta penduduk.

“Saya juga mengapresiasi 239 pengurus itu bukan besar, karena negara kita ini 282 juta penduduknya. Jadi kalau pengurusnya 239 ya menurut saya biasa,” terang Presiden.

Presiden menyampaikan bahwa para anggota HIPMI harus memiliki pribadi yang tangguh, adaptif, dan terbiasa belajar dengan menggunakan konsep learning by doing. Presiden menilai sifat-sifat tersebut penting untuk dimiliki para pengusaha muda dalam menghadapi kondisi dunia yang tidak pasti. “Sehingga yang penting adalah street smart, bukan book smart,” tutur Presiden.

Presiden pun tak lupa menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada para pengurus HIPMI yang telah dilantik. Presiden berharap HIPMI dapat menjadi daya ungkit bagi para pengusaha muda di seluruh Indonesia dalam memanfaatkan peluang-peluang yang ada.

Dalam kesempatan ini, Ketua umum BPP HIPMI 2022-2025 Akbar Buchari Himawan menyampaikan disempurnakannya anggaran dasar dan anggaran rumah tangga HIPMI yang ketiga merupakan kesepakatan 34 BPD diseluruh Indonesia

BACA JUGA :   Presiden Jokowi Lantik Kepala BNPT dan Saksikan Pengucapan Sumpah Kepala PPATK

“Melaksanakan konsolidasi dan merekomendasikan beberapa hal strategis kepada pemerintah, kesepakatan dan kajian panjang yang kami lakukan dalam rapat pleno 3 di Bali. Kami merekomendasikan kepada pemerintah untuk dapat menjaga stabilitas ekonomi menghadapi tahun politik karena pencapaian pertumbuhan ekonomi tahun 2022 mencapai 5,31% ini momentum yang harus dijaga agar tidak terganggu dalam stabilitas politik. Kami berharap ini bisa dipertimbangkan oleh pemerintah 5,31% ini adalah pertumbuhan tertinggi negara G20 kami berharap ini bersama dengan pemerintah mampu menjaga pencapaian-pencapaian, kata Akbar saat sambutan di pelantikan pengurus BPP HIPMI.

Maya Carlina yang akrab disapa Carly kembali dipercaya menjadi salah satu pengurus BPP HIPMI yang berharap dapat melanjutkan dibidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dirinya bertekad untuk turut memajukan serta mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif agar lebih dikenal mendunia serta mendatangkan value.

” Di periode kali ini dilantiknya aku kembali sebagai pengurus BPP HIPMI periode 2022-2025 ya berharap bisa tetap di bagian Pariwisata Ekonomi Kreatif agar dapat melanjutkan program sebelumnya dipimpin oleh Ketua Bidang Rano Wiharta, untuk kembali memulihkan sektor pariwisata setelah pandemi karena banyak keterkaitan dengan berbagai sektor dari perhotelan, transportasi,UMKM, Kuliner ataupun Cinderamata serta biro perjalanan wisata dan pemandu wisata yang terdampak pandemi, “ujar Carly, Selasa (21/02/2023).

Karena memang, lanjut Carly, arah bisnisku di dunia pariwisata dan juga dunia ekonomi kreatif kebetulan aku juga punya tour dan creative agency. Jadi pariwisata dan ekonomi kreatif itu sebenarnya nggak akan ada matinya karena namanya manusia itu kan pasti butuh wisata.

“Kita harus terus mendukung pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional terutama pada sektor Pariwisata dalam pengembangan dan promosi. Perlu Roadmap pengembangan pariwisata di Indonesia untuk lebih efektif dan efisien di era digital ini untuk penguatan promosi pariwisata salah satunya bisa berkolaborasi dengan konten kreator, juga mengevaluasi pusat-pusat objek wisata dari segi infrastruktur sebelum dikunjungi para wisatawan, membuka kembali peluang UMKM di pusat wisata sehingga dapat membuka lapangan kerja baru untuk membangun kembali ekosistem usaha yang baik, ” terang Carly

BACA JUGA :   Pengusaha Angkot 06 Protes Adanya Angkot STNK Tidak Sesuai Kendaraan, Berikut Tanggapan Kadishub

Dari segi Ekonomi Kreatif, Konten kreator ada bagian dari pelaku era digital yang memberikan konten menginspirasi, mengedukasi, menghibur dan mempromosikan berbagai produk dalam negeri. Seperti yang disampaikan pada pidato Presiden Joko Widodo tadi kita harus menjadi trendsetter bukan menjadi followers, ini menjadi tantangan untuk Pengusaha HIPMI menciptakan sesuatu dari dalam negeri dengan memiliki nilai tambah, dan berkolaborasi dengan banyak konten kreator di Indonesia yang berpotensi menjadi bagian promotor Pariwisata dan produk dalam negeri yang berkualitas untuk terus diperkenalkan melalui sosial media.

Dan karena saya juga dari warga Depok, Depok ini sudah lebih dulu jadi trendsetter meskipun lebih banyak negatifnya ya.Berharap orang-orang yang berasal dari Depok memiliki potensi, berprestasi dan kreatif bisa mulai bermunculan untuk mengharumkan Kota Depok. Saya juga akan tetap berkontribusi untuk Kota Depok meskipun aktif jajaran pengurus pusat HIPMI.

“Sebelumnya, Saya juga berterima kasih kepada pengurus BPP HIPMI periode 2019-2022 terutama kepada Ketum Mardani H. Maming, Sekjen Bagas, Bendum Hilda dan Ketua Rano Wiharta serta sembilan ketua bidang lainnya yang sudah memberikan pelajaran dalam berorganisasi dan kesempatan, serta inspirasi dari Pendiri HIPMI Abdul Latief bahwa HIPMI harus berperan membangun negeri sebagai pengusaha nasionalisndan memiliki integritas. Selamat juga untuk Ketum Akbar, Sekjen Anggawira, Bendum Reynaldo suksesnya acara pelantikan yang dibuka olehnPresiden Joko Widodo dengan tema HIPMI Penggerak Ekonomi Bangsa mendukung keberlanjutan Pembangunan Nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 13 =