TNI  

Pangkostrad Resmi Tutup Latihan Standardisasi Prajurit Kostrad Cakra XIV

Jakarta,reportaseindonesia.id|Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc, menutup secara resmi latihan standardisasi Prajurit Kostrad Cakra XIV TA 2023, bertempat di pantai Palampang, Cileutuh, Sukabumi, Jawa Barat. Senin (13/3/2023).

Penutupan ditandai dengan penanggalan tanda peserta, pemasangan Baret Hijau Kostrad dan penyematan brevet Cakra serta penyerahan sertifikat kepada peserta terbaik latihan standardisasi prajurit Kostrad Cakra XIV TA. 2023.

Latihan standardisasi Prajurit Kostrad Cakra XIV TA 2023 diikuti oleh 500 peserta, terpilih sebagai lulusan terbaik untuk Perwira atas nama Lettu Inf Yusri Khoirudin. S.Tr.(Han), Bintara Serda Dwi Rahmat Satria dan Tamtama atas nama Prada Andi Ardian Syah.

Dalam amanatnya Pangkostrad mengatakan jika TNI sebagai prajurit pejuang dalam menyikapi perkembangan situasi di era globalisasi saat ini, harus lebih cermat, satu misi dan satu suara dalam menghadapi setiap perkembangan yang terjadi, itulah sesungguhnya menjadi sikap dan komitmen TNI sebagai Tentara Pejuang, Tentara Rakyat, Tentara Nasional dan Profesional, serta senantiasa berperan aktif dalam memberikan pemecahan persoalan yang dihadapi oleh Bangsa dan Negara.

Ia berharap dengan selesainya latihan standardisasi Prajurit Kostrad ini akan dapat memberikan bekal untuk mengabdikan diri kepada Bangsa dan Negara sebagai prajurit Cakra. Ia melanjutkan, predikat sebagai prajurit Cakra Kostrad yang melekat harus disertai dengan sikap dan perilaku yang baik agar prajurit Kostrad selalu dibanggakan rakyat, bangsa dan negara serta dikagumi oleh dunia.

“Dengan berakhirnya latihan standardisasi Prajurit Kostrad Cakra XIV TA 2023 ini, saya ucapkan selamat kepada peserta latihan. Saya bangga dengan pencapaian kalian. Semangat dan kerja keras telah kalian buktikan dalam mengikuti dan menyelesaikan latihan ini. Jaga kehormatan, harga diri dan kebanggaan sebagai prajurit Cakra Kostrad,” ujar Pangkostrad.

BACA JUGA :   Jum'at Bersih, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS Ajak Warga Karya Bhakti Bersihkan Sungai Noel Besi

“Prajurit Kostrad harus selalu siap dan mampu melaksanakan tugas operasi dalam segala bentuk, medan dan cuaca, serta siap digerakkan untuk melaksanakan tugas kapanpun dan dimanapun, baik dalam rangka Operasi Militer Untuk Perang maupun Operasi Militer Selain Perang,” tegas Pangkostrad.

Mengakhiri amanatnya, Pangkostrad mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara, pelatih dan pendukung saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas dedikasinya dengan senantiasa mengutamakan prinsip-prinsip latihan sebagai dasar dalam menyelenggarakan pelatihan ini.

Usai upacara, rangkaian penutupan dilanjutkan oleh demonstrasi yang dilakukan oleh seluruh pelaku latihan standardisasi Prajurit Kostrad CAKRA XIV yang meliputi demonstrasi Bela Diri Taktis (BDT), Renang Taktis, Menembak, dan Patroli Keamanan Pantai. Usai demonstrasi, seluruh pelaku berbaris rapi di lapangan upacara kembali untuk penyematan brevet Cakra dan pemasangan baret Kostrad oleh Pangkostrad dan keluarga pelaku latihan standardisasi Prajurit Kostrad Cakra XIV.

Untuk diinformasikan, latihan standardisasi Prajurit Kostrad gelombang XIV TA 2023 yang telah dilaksanakan terbagi dalam tiga tahap yaitu tahap basis bertempat di Cilodong Kompleks, Depok, Jawa Barat, tahap gunung hutan di Daerah Latihan (Rahlat) Sanggabuana Kompleks, Karawang, Jawa Barat dan tahap Aplikasi di pantai Palampang Kompleks Sukabumi, Jawa Barat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kaskostrad, Pangdivif 1, Ir Kostrad, Koorsahli Pangkostrad, Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad, Para Dan/Ka Sat Balak Kostrad, LO, Asops Kasdivif 1 Kostrad, para Komandan Satuan, Wakil Bupati Kab. Sukabumi, Ketua DPRD Kab. Sukabumi, Danrem 061/SK, Dandim 0622 / Kab. Sukabumi, Dandim 0607 / Kota Sukabumi, Kapolres Kab. Sukabumi, Kapolresta Kota Sukabumi, para Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, Brigjen TNI (Purn) Kamistan Hadirin (86), Brigjen TNI (Purn) Taufik Budilukito (87), Brigjen TNI Agus Firman, Kolonel Inf Syahrul Hadi (90) dan Kolonel Arm Syaiful Rizal (92).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 − 3 =