Jakarta,reportaseindonesia.id | Organisasi masyarakat Maluku Satu Rasa (M1R) wilayah Jakarta Timur menggelar kegiatan Natal 2019 dan sambut tahun baru 2020 bertempat di anjungan Maluku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Minggu (26/01/2020)

Kegiatan kali ini ada yang menarik, pasalnya perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020 selain diikuti oleh anggota M1R yang beragama Islam, acara ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Ustad Jefri Hayoto, SE yang disambut tepuk tangan meriah dari jemaat yang hadir seusai pembacaan ayat suci Al Quran.

Advertisement

Ketua panitia pelaksanaan perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020 Semy Lestaluhu menyampaikan, Marilah kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat yang diberikan untuk kita semua

“Atas nama panitia Maluku satu rasa salam sarane kami ucapakan terima kasih kepada donatur, penasehat, pengurus dan anggota yang sudah banyak terlibat dari persiapan sampai dengan pelaksanaan,”ujar Semy.

Kepada sodara gandong yang di tempat lain kami ucapan terima kasih, kegiatan natal merupakan kegiatan tahunan yang ditujukan untuk mempererat tali silaturahmi, dan saya ucapkan selamat Natal 2019 serta tahun baru 2020,”pungkasnya.

Ditemui seusai kegiatan, Ketua M1R Jakarta Timur Jhon Kayadoe mengatakan, Puji syukur atas nama tuhan kita bisa berkumpul merayakan Natal 2019 dan tahun baru 2020 semua ini bukan karena kehebatan kita, semua ini karena kemurahan Tuhan untuk kita semua

“Diperayaan natal 2019 ini semua bisa terwujud karena kekompakan M1R Jakarta Timur, sumber anggaran dari semua anggota dan badan pengurus serta penasehat Jakarta Timur dan simpatisan Jakarta Timur, apabila kalau ada yang tidak berkenan saya mohon maaf. Saya ucapkan selamat Natal 2019 dan Tahun Baru 2020,”tuturnya.

BACA JUGA :   Ketua DPC LSM Penjara Kab.Kampar: Kita PrihatinMenyaksikan Aksi Demo FSBSI Dikantor Besar PT. Padasa Kokar

Kegiatan hari ini Natal 2019 kita rayakan di 2020 dan syukuran tahun baru

“Untuk kegiatan ini kami dari dua elemen salam sarane muslim dan kristen mendirikan organisasi ini untuk menyatukan umat, apabila salah satu punya acara kita saling bantu,” ujar Jhon.

Dan inilah kita hidup bersaudara, kata-kata dari ambon seperti “iris di kuku rasa di daging” itulah yang kami pegang di dalam organisasi kami seluruh Indonesia dimana ada bendera M1R

“Kami bukan melihat dari agama dan suku, kami tanamkan persaudaraan kami satu gandong, harapan kami kedepan supaya bisa menjadi contoh masyarakat di Indonesia,” pungkasnya.

Ketua Umum M1R Yopy Patty dihadapan awak media menyampaikan apresiasinya dengan adanya kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 oleh M1R wilayah Jakarta Timur

” Ini luar biasa dari ujung dunia cuma di M1R yang acara Natal dibuka dengan ayat suci Al Quran, didalam acara Natal ini bisa dijadikan contoh untuk hidup berdampingan, saya ucapkan kepada seluruh hadirin yang telah hadir dalam acara ini,” ucap Yopy.

Dirinya menambahkan, Ini akan terjadi diseluruh Indonesia dengan hal yang sama yang luar biasa

“Dengan kegiatan ini mari kita pertahankan, saya berharap mari kita bergandengan tangan kita majukan M1R ini bersama-sama. Karena ini Natal mari kita berdamai kita duduk berdampingan, imbuhnya.

Tadi saya katakan Natal hari ini sangat luar biasa, karena Maluku Satu Rasa mengembalikan budaya pelagandong yang sebenarnya

“Dari jaman dahulu yang dibawa lagi, karena manfaatnya sangat besar karena apabila Kristen dan Islam bisa bergandengan tangan dunia ini akan damai,” kata Yopy.

Lanjut, Memang ini budaya kami dimana gereja dibuat orang Muslim yang bangun Masjid dibuat orang Kristen yang bangun, ini sudah menjadi kebiasaan kami orang Maluku mungkin kalau di Jakarta suatu hal yang baru

BACA JUGA :   Mahasiswa dan Pemuda Dukung Pelantikan Joko Widodo-Ma’ruf Amin

“Untuk Maluku Satu Rasa semua menyadari Islam maupun Kristen menyadari toleransi keberagamaan, pesan saya selaku Ketua Umum M1R hal seperti ini harus kita pertahankan selamanya karena ini sebagai modal dasar kalau bangsa ingin maju kedepan dimulai dari perdamaian,” tutupnya.

“Terima kasih kepada bapak Kyai dan saudara gandong semua,” pungkasnya.

Kegiatan peryaan Natal M1R wilayah Jakarta Timur berlangsung meriah dan turut dihadiri perwakilan M1R wilayah lainnya. (agus)