Depok,reportaseindonesia.id | Pengguna jalan yang melintas di Jalan Raya Bogor KM.37 mengeluh akibat jalan tersebut berdebu dan mengakibatkan kemacetan parah hingga menjalar sampai Simpangan Depok.

Kemacetan dan debu tersebut diakibatkan karena adanya proyek yang sedang berjalan. Proyek yang tidak memasang papan tersebut sedang melakukan pengerukan tanah.

Advertisement

Saat awak media mendatangi lokasi proyek, Landong Harianja yang mengaku salah satu pekerja proyek saat ditanya proyek lupa memasang papan proyek

“Kemarin pelaksana sudah kita kasih tahu, mungkin dia sibuk, pelaksananya namanya pak Trisno. Untuk crucuk panjangnya 6 meter. Kita ditargetkan 3 bulan proyek ini selesai, untuk penggalian dua minggu. Untuk lebih jelas silahkan menanyakan keatasan saya,” ujar Lando, Sabtu (25/09/2021).

Jalan Raya Bogor KM 37 berdebu akibat adanya pengangkutan tanah

Saat ditanya terkait pengangkutan tanah siang hari yang mengakibatkan kemacetan dan debu, dirinya mengatakan kalau ngangkut malam kapan kelarnya

“Kita cuma dikasih waktu target tiga bulan, kalau angkut tanah malam hari kapan kelarnya kan gitu. Kalau masalah keamanan kita sudah koordinasi semua. Konsultan harusnya tiap hari ada tapi hari ini konsultanya tidak ada,” terangnya.

Ditempat yang sama, Sandro yang mengaku salah satu pengawas alat berat mengatakan, untuk papan proyek sedang diambil “Papan proyek lagi diambil bang, saya hanya pengawas alat silahkan hubungi pak Hendro saja,” katanya.

Masih ditempat yang sama, Erik salah satu pengguna jalan mengaku sangat terganggu dengan adanya debu saat melintas dilokasi proyek

“Tidak hanya menimbulkan macet, tetapi debunya parah bang. Macetnya pun sampai Simpangan Depok, setahu saya kalau pengangkutan tanah seperti ini dilakukan malam hari apalagi lokasinya di pinggir jalan,” tuturnya.

Untuk diketahui, Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menegaskan sebagaimana dalam Pasal 28 F Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyebutkan bahwa setiap Orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh Informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, dan menyimpan Informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia. (Agus)

BACA JUGA :   Hadir di Kota Depok, Kopi Nako Digemari Kalangan Milenial