Depok,reportaseindonesia.id | Depok Media Center (DMC) untuk ke dua kalinya mengelar malam Anugerah Wartawan Terbaik DMC Awards tahun 2019 yang di gelar di Hotel Bumi Wiyata Jl. Margonda Raya No.281, Kemiri Muka, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat pada Jum’at, (24/01/2020).

DMC Award bertujuan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja para wartawan yang bertugas di Kota Depok Melalui Polling, Wartawan Terbaik DMC Award 2019 di menangkan oleh Fahmi Akbar (Radar Depok), Terbaik kedua Wahyu Saputra (Harian Sederhana), Terbaik ketiga Rahmat Tarmuji (Jurnal Depok), dan terbaik keempat Hendrik Raseukiy (Elshinta). Untuk kategori Mitra Terbaik DMC Award 2019 adalah Dinas Kominfo Kota Depok, sedangkan kategori staf terbaik DMC Award 2019 diaraih oleh Roi (Humas DPRD Kota Depok).

Advertisement

Dalam sambutannya Kapolres Metro Depok Kombes Pol. Azis Andriansyah S.H., S.IK., M.Hum menyampaikan bahwa Indonesia saat ini ada di era demokratisasi dan era globalisasi, yang mana era demokratisasi dapat berdampak pada dua sisi yaitu sisi nositif serta sisi negatif.

Kapolres Metro Kota Depok, Kombes Pol. Azis Ardiansyah saat memberikan sambutan

Yang menjadikan dampak positif salah satunya adalah peran serta masyarakat yang semakin besar, sebelumnya mungkin lebih di bungkam dari jaminan memberikan pendapat dimuka umum, namun di era saat ini masyarakat dapat dijamin untuk menyampaikan suara aspirasinya di muka umum.

Dampak negatif dari demokratisasi salah satunya oalah kebebasan yang menjadi kebablasan dan berpotensi membuat negara ini menjadi disintegrasi.

Kemudian di era globalisasi sisi positifnya ialah kemudahan dan kecepatan mendapatkan informasi, yang mana dalam satu contoh setiap kejadian di negara lain dapat dengan mudah beredar di negara kita.

Serta sisi negatif dari era globalisasi salah satunya adalah sekat-sekat antar negara terlihat sama, menjadikan apa yang terjadi di negara lain berpotensi cepat merambat di negara kita.

BACA JUGA :   Dandim 0508/Depok Pimpin Sertijab Danramil 01/Pancoran Mas

“Misal, ada konflik di satu negara itu berpotensi di negara kita juga. Di era Demokratisasi ini ada peran-peran Non State Actor yang semakin kuat, yaitu dari kalangan masyarakat, organisasi masyarakat serta peran Media di dalamnya, Kalau dulu hanya pemerintah saja yang mengelola negara, tapi sekarang Non State Actor itu juga bisa mempengaruhi kebijakan negara serta mempengaruhi situasi negara”, tegasnya.

Dipengaruhi oleh Non State Actor itu tadi, ada masyarakat, ada kelompok-kelompok masyarakat dan juga ada media di dalamnya, Kemudian di era globalisasi peran media adalah wadah penolak informasi dan penyalur informasi, maka di era demokratisasi dan di era globalisasi Media sangat memegang peran penting.

“Maka kita harus bisa membawa peran media ini ke arah positif. Karna bisa saja ke arah positif dan juga ke arah negatif. Negatifnya misal, kalau membuat panas situasi gampang, maka kita harapkan nantinya DMC bisa menjadi wadah media-media ke arah yang positif, karena media mampu memacu pembanhunan nasional, mencerdaskan bangsa dan negara serta memelihara kerukunan dan lain sebagainya,” pinta Kapolres.

Dandim 0508/Depok Kolonel Agus Isrok Mikroj menyerahkan cindera mata kepada juara kedua ajang DMC Award

Dengan kepemimpinan yang baru Kapolres Metro Depok Kombes Pol. Azis Andriansyah S.H., S.IK., M.Hum berharap agar DMC bisa semakin menguatkan peran Positif media di era demokratisasi dan globalisasi karena media adalah Non State Actor.

Kapolres Azis Andriansyah berharap Agar DMC dapat membawa dampak positif bagi Kota Depok serta menguatkan pembangunan nasional, daerah, mensejahterakan kehidupan berbangsa dan bernegara. Kemudian memberikan kesejahteraan bagi seluruh warga.

“Saya Do’akan agar saya, juga Dandim serta seluruh jajaran Pemerintah Kota Depok senantiasa berkolaborasi dengan DMC sebagai bagian dari Non State Actor membawa dampak positif baik unuk Lokal, Nasional maupun Internasional” Ungkap Kombes Pol Azis Ardiansyah saat mengakhiri sambutannya.

BACA JUGA :   Dandim 0508/Depok Persiapkan Prajurit untuk Hadapi Pilwalkot Depok 2020

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Depok Teungku Muhammad Yusuf Saputra, Anggota DPRD Jawa Barat Hasbullah Rahmad, Dandim 0508/Depok Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj, Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Pemkot Depok Sidik Mulyono, Kepala Satpol PP Kota Depok Lienda Ratna Nurdianny serta Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna juga menyempatkan hadir di akhir acara DMC Award 2019. (agus)