Kodim 0508/Depok salurkan Bantuan Rp600 ribu kepada 1.250 Pelaku UMKM Mikro 

Depok,reportaseindonesia.id |Program pemerintah dalam memberikan bantuan kepada UMKM mikro melalui TNI-Polri. Sebanyak 1.250 pelaku UMKM Depok menerima Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima Warung dan Nelayan (BTPKLWN), yang dilaksanakan di Kodim 0508/Depok, Jalan Pramuka, Kecamatan Pancoranmas, Kota Depok, Jumat (8/4/2022).

Bantuan tunai Rp600 ribu disambut dengan suka cita oleh para pedagang kecil di kota tersebut. Salah satunya dirasakan oleh Jane Viola, warga Depok 1, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, Depok.

“Alhamdulilah bantuan sebesar Rp600 ribu ini sangat membantu apalagi kita usaha UMKM nya lagi lesu dimasa pandemi ini. Terima kasih kepada bapak Panglima TNI, Pangdam Jaya/Jakarta, Danrem 051/Jayakarta, Dandim 0508/Depok dan Babinsa yang telah membantu kami mendapatkan bantuan ini,” ujar Jane dilokasi.

Danrem 051/Wijayakarta Brigjen Yustinus Nono Yulianto didampingi Dandim 0508/Depok Kolonel Inf Elvino Yudha Kurniawan

Pedagang makanan snack ini mengaku selama pandemi, baru kali ini mendapatkan bantuan dari Pemerintah melalui program BTPKLWN Kodim 0508/Depok. Dana tunai BTPKLWN oleh Jane akam digunakan untuk menambah modal usaha.

“Saya kan jualan nih bulan puasa, jadi ini buat nambah-nambah modal saya untuk menambah variasi dagangan,” ujarnya.

Hal serupa dikatakan Heru, salah satu pedagang keju di Depok. Ia akan menggunakan dana tunai yang baru didapat dari Kodim 0508/Depok untuk menambahkan modal usaha.

“Syukur alhamdulilah, kita ditambahkan dana untuk modal usaha lagi. Semoga pemerintah bisa lebih meningkatkan lagi untuk modal-modal usaha yang lain,” ucap Heru.

Dilokasi yang sama, Danrem 051/Wijayakarta Brigjen Yustinus Nono Yulianto didampingi Dandim 0508/Depok Kolonel Inf Elvino Yudha Kurniawan meninjau langsung proses pembagian dana BTPKLWN tersebut.

“Saya hari ini datang kesini dalam rangka melihat langsung penyaluran BTPKLWN ini. Nah Alhamdulilah pelaksanaannya berjalan sesuai dengan skenario yang kita kemaren gladikan bersama. Mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan lancar,” kata Yustinus.

BACA JUGA :   Kasal dan Kapolri Sepakat Perkuat Sinergitas di Berbagai Operasi

Dijelaskan Yustinus, bahwa penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima Warung dan Nelayan oleh TNI ini dalam rangka mendukung program pemerintah. Dimana TNI AD itu ada 97 Kodim, salah satunya Kodim 0508/Depok yang merupakan satuan dibawah jajaran Korem 051/Wijayakarta.

“Kalau Korem ada dua yang berada diwilayah Kodam Jaya/Wijayakarta yaitu Korem 051/Wijayakarta dan Korem 052/Wijayakrama,” ucapnya.

Danrem 051/Wijayakarta berharap dana tunai yang disalurkan ini tepat sasaran dan tepat guna.

“Tepat sasaran maksudnya ditujukan betul-betul kepada pedagang kaki lima, warung kecil dan nelayan kecil. Tepat guna maksudnya ya untuk membantu mereka dalam rangka meningkatkan usahanya dalam situasi bulan ramadhan ini maupun masih dalam situasi pandemi,” ucap Danrem.

Dandim 0508/Depok Kolonel Inf Elvino Yudha Kurniawan

Sementara itu, Dandim 0508/Depok Kolonel Inf Elvino Yudha Kurniawan menuturkan, secara keseluruhan BTPKLWN yang akan disalurkan oleh Kodim Depok sebanyak 26.000 orang. Disalurkan mulai hari ini dengan rata-rata penyaluran sebanyak 1.200 orang per hari, Elvino mengatakan seluruh bantuan ditargetkan selesai disalurkan sampai 20 hari kedepan.

“Kita harapkan 28 April 2022 seluruh 26.000 BTPKLWN selesai disalurkan. Rata-rata per hari kami menyalurkan sebanyak 1.200 orang,” kata Elvino.

Dia menyebutkan adapun kriteria pelaku UMKM yang menerima BTPKLWN gelombang ini adalah pertama pelaku UMKM yang bersangkutan yang belum menerima bantuan pada 2021 dan kedua, harus UMKM kecil. (Agus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

5 × 2 =